Target Kunjungan Wisatawan Lebaran ke Purbalingga Terlampaui

Dipublikasikan oleh Webwisata pada

Owabong

Target kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata di Purbalingga selama liburan lebaran terlampaui.

Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora) setempat, sebelumnya mematok jumlah wisatawan mulai hari H hingga H+8 lebaran (tanggal 26 Juli), sebanyak 200 ribu wisatawan. Kunjungan terbesar masih dikuasai Owabong yang mencapai 84.225 orang.

Kepala Dinbudparpora Purbalingga, Subeno mengungkapkan, dibanding kunjungan wisatawan tahun 2014 lalu, kunjungan wisatawan pada libur lebaran ini mengalami peningkatan.

Tahun 2014 jumlah wisatawan sebanyak 188.128 orang. Jumlah itu terhitung, selama 14 hari mulai dari hari H Lebaran, sementara pada tahun ini, data mulai hari H hingga H+9 atau tanggal 26 Juli, jumlah wisatawan sudah melampaui 200 ribu orang.

“Tahun kemarin struktur hari liburnya lebih panjang, dan tahun ini yang kami hitung selama sembilan hari usai lebaran saja sudah melampaui target kunjungan,” kata Subeno, belum lama ini.

Diungkapkan Subeno, sumbangan kunjungan wisatawan terbesar masih dikuasai Owabong. Hingga hari Minggu (26/7), Owabong telah dikunjungi 84.225 orang, kemudian disusul Taman Wisata Pendidikan (TWP) Purbasari Pancuranmas yang mencapai 28 ribu wisatawan.

Kemudian obyek wisata alam Goa Lawa sebesar 21.690 orang, Sanggaluri Park 17.700, Kolam Renang Tirto Asri Walik 16.101, Usman Janatin City Park 7.600 orang, Desa wisata Serang Karangreja  13.015 orang, Monumen Tempat Lahir Jenderal Soedirman 2.068, dan selebihnya dari obyek wisata lain seperti Pancuran Ciblon Bobotsari, serta sejumlah desa wisata yang dikelola langsung oleh Kelompok Sadar Wisata.

“Yang menarik, ada pada kunjungan desa wisata Serang, Karangreja. Lonjakan kunjungan wisatawan sangat signifikan. Begitu juga dengan desa wisata lainnya seperti Tanalum dan Panusupan di Kecamatan Rembang, serta wisata bahari di Desa Kedungbenda Kecamatan Kemangkon,” kata Subeno.

Secara terpisah, Direktur PD Owabong Wisnu Haryo Danardono mengungkapkan, target kunjungan ke Owabong dalam bulan Juli tahun ini sebanyak  100.950 wisatawan.

Jumlah ini sudah dipasok kunjungan selama hari H hingga H+9 lebaran sebanyak 84.225 wisatawan.

“Jika ditambahkan dengan kunjungan antara tanggal 1 hingga 16 Juli serta kunjungan tanggal 27 Juli hingga 31 Juli, kami optimis bisa terlampaui,” kata Wisnu didampingi Manajer Operasional Eko Susilo.

Diungkapkan Wisnu, lonjakan wahana yang dikelola manajemen Owabong ada di taman kota Usman Janatin City Park. Jumlah pengunjung terlihat dari omzet permainan yang ada di Usman Janatin.

“Di Usman Janatin City Park, pengunjung masuk tidak dikenai tiket, tetapi yang menggunakan permainan baru membayar wahana tersebut. Pengunjungnya lebih dari 7.500 orang, dan pendapatan dari sewa permainan lebih dari Rp 200 juta,” kata Wisnu.

Sementara itu, Kabid Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga, Prayitno menambahkan, sejumlah wahana baru di beberapa destinasi wisata mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

Di TWP Purbasari dengan wahana baru planet akuarium Toyoshuka, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Begitu juga di Owabong dengan kolam air hangat khusus wanita serta arena spa,juga diminati wisatawan. Sedang di Goa Lawa, kunjungan wisatawan melampaui target.

“Pengunjung Goa Lawa selama libur lebaran kami target 19 ribu wisatawan, dan ternyata hingga hari Minggu (26/7) terealisasi Rp 21.690 orang. Dari sisi pendapatan, dari target Rp 450 juta yang harus disetor ke kas daerah pada tahun 2015 ini, hanya kurang sekitar Rp 1,9 juta saja. Kami perkirakan, pendapatan Goa Lawa bisa lebih dari Rp 550 juta hingga akhir Desember 2015 mendatang,” tambah Prayitno.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *