Rendang, Masakan Minang yang Mendunia

Dipublikasikan oleh Izaz Maitsa Yassar pada

Rendang, Masakan Minang yang Mendunia

Rendang, Masakan Minang yang Mendunia – Bicara masakan rendang, rasanya kita semua pernah merasakannya. Makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat ini sudah sangat populer di tanah air bahkan mancanegara.

Kita tidak akan kesulitan untuk mendapatkan dan menikmati kuliner nusantara yang satu ini, karena hampir seluruh daerah di indonesia, terdapat masakan ini.

Bahkan, kita dapat dengan mudah menemukan rumah makan atau restoran yang menjual makanan khas Minang, di mana saja.

Kenapa namanya lebih populer dengan nama masakan Padang, bukan masakan Minang? Hal ini terjadi karena awalnya para perantau lebih banyak mengenalkan daerah asalnya, sehingga makanan yang mereka jual pun dinamakan makanan Padang.

Rendang adalah masakan daging yang memiliki cita rasa pedas, yang menggunakan campuran bumbu dan rempah-rempah khusus.

Rendang dihasilkan dari proses memasak yang dipanaskan dengan santan kelapa secara berulang-ulang.

Masakan ini memiliki rasa yang sangat lezat, hingga pada tahun 2011 Rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam World’s 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Bagi masyarakat Minang, masakan ini sudah ada sejak dahulu kala. Konon, rendang menjadi masakan tradisi yang menjadi hidangan wajib dalam berbagai acara adat Suku Minang. Masyarakat setempat membuat rendang dalam dua jenis olahan, yakni olahan kering dan basah.

Rendang kering biasanya berwarna coklat kehitaman, sedangkan yang basah berwarna coklat terang keemasan. Untuk yang basah dimasak dalam waktu yang lebih singkat.

Keduanya memiliki kelezatan yang sama, tergantung selera masing-masing yang hendak menikmatinya.

Baca Juga:

Nasi Goreng, Masakan Indonesia Terlezat di Dunia


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *