Kerajinan Tangan Indonesia Laris di Pasar Internasional

Dipublikasikan oleh Webwisata pada

kerajinan tangan

Kerajinan tangan Indonesia laris di pasar internasional. Dari beragam kerajinan tangan, yang paling laris adalah kerajinan kayu dan anyaman.

Sampai saat ini, industri ini di Indonesia, menjadi sektor ekonomi yang semakin menjanjikan.

Data dari Kementerian Perdagangan RI menyebutkan, tahun 2013 yang lalu, nilai ekspor produk kerajinan tangan mencapai Rp. 8 triliun, dengan pertumbuhan per tahun 5 persen.

Beberapa produk utama ekspor kerajinan tangan Indonesia yakni ornamen dari kayu diantaranya patung, dengan nilai ekspor mencapai Rp. 980 miliar, keranjang dan anyaman Rp. 680 miliar, pigura kayu Rp. 514 miliar, dan produk kerajinan untuk alat rumah tangga dengan nilai ekspor Rp. 370 miliar.

Selain pasar internasional, produk kerajinan tangan Indonesia juga mendapat sambutan yang baik di negeri sendiri. Nilai perdagangan kerajinan tangan di dalam negeri mencapai Rp. 40 triliun.

Bagi Anda yang ingin mengoleksinya, tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya, karena hampir di setiap objek wisata di tanah air, banyak dijual pernak-pernik ini.

Selain di objek wisata, Anda juga bisa mendapatkannya langsung di sentra pembuatan kerajinan tangan yang tersebar di seluruh pelosok negeri, tentunya dengan ciri dan khas masing-masing daerah. (gl)

Baca juga:


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *