Wisata Umbul Manten di Klaten

Wisata Klaten mulai bergairah. Setelah umbul ponggok, beberapa spot wisata di Kota ini mulai dilirik untuk dikembangkan dan dipromosikan, salah satunya adalah umbul Manten. Apa bedanya dengan umbul atau mata air lainnya di Klaten? Berikut beberapa informasinya yang dikutip dari berbagai sumber oleh tim webwisata.com.

Klaten, sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan Solo ini sedang bergeliat pembangunan wisatanya. Banyaknya wisata yang sudah mulai dikembangkan. Siapa yang tidak kenal dengan umbul ponggok yang ada di Klaten?. Ternyata banyak lho umbul atau mata air lain selain disana, sebut saja umbul manten dan umbul cokro yang sekarang ini banyak dilirik sebagai tujuan wisata alternatif selain umbul ponggok.

jernihnya air umbul manten

jernihnya air umbul manten

Rute dan Lokasi Umbul Manten

Lokasi Umbul manten ini tepatnya terletak di Dusun Janti, Kelurahan Janti, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Keberadaannya umbul ini sendiri cukup dekat dengan Umbul Ponggok. Jadi, jika di umbul ponggok sedang ramai pengunjung, kalian bisa kesini sebagai alternatif yang tak kalah menarik.

Untuk menuju ke umbul manten dari arah Jogja ke timur melalui jalan Adi Sucipto Jogja – Solo. Setelah itu sebelum masuk pertigaan Pakis, Delanggu akan ada petunjuk menuju obyek wisata pemancingan ikan Janti. Telusuri hingga ketemu papan obyek wisata Janti kembali di pertigaan. Ambil arah yang berlawanan dengan Obyek Janti (jangan ke kiri tapi ambil lurus terus). Perlahan saja karena Umbul Manten ada di sisi kiri, pastikan dengan bertanya kepada warga sekitar arah menuju umbul Manten Klaten ini. atau jika bingung langsung saja buka google maps dan ketikkan umbul manten.

foto umbul manten klaten

foto umbul manten klaten

Sejarah Umbul Manten

Dahulu sebelum dijadikan tempat wisata, umbul ini digunakan sebagai sumber pengairan tanah sawah di daerah sini. Namun kini dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang keren. Kenapa dibilang keren, karena airnya yang sangat jernih dan juga terdapat pohon besar yang menaunginya. Wah gak kebayang betapa indahnya. Jika kalian suka berfoto underwater, jangan lupa membawa action camera seperti Kogan, GoPro atau kamera yang telah dilengkapi waterproof case.

Disini, webwisata tidak menceritakan sejarah terbentuknya umbul manten, namun lebih mengenai legenda atau asal usul yang sudah turun temurun didengar oleh warga disana. Dahulu, sebelum diberi nama Umbul Manten, ada sepasang pengantin baru, sebelum 40 hari diberi wejangan oleh orang tuanya untuk dilarang keluar rumah pada saat maghrib.

Namun karena bosan, sepasang pengantin itu melanggar wejangan orang tuanya. Menjelang maghrib mereka berdua keluar rumah. Anehnya sang suami berjalan terlebih dahulu dibandingkan istrinya. Pada saat mereka tiba di dekat pohon rindang, saat sang suami menoleh kebelakang istrinya hilang. Begitu juga dalam pandangan si istri ketika melihat kedepan tiba-tiba suaminya lenyap dari pandangan matanya. Dan sampai sekarang tidak diketahui dimana sepasang pengantin itu yang hilang itu. Kebetulan lokasi tempat mereka berdua hilang berada di dekat Umbul Manten, jadilah masyarakat sekitar menamai sumber mata air itu sebagai Umbul Manten yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti mata air pengantin. Itulah sedikit asal usul nama Umbul Manten.

Ingat ya, sebelum merencanakan berwisata di Umbul Manten ini bawa peralatan sebagai berikut:

  • Sarung untuk menutupi saat ganti pakaian dan juga sholat jika kalian memakai celana pendek.
  • Pakaian ganti, jika kalian memang ingin menceburkan diri di umbul yang bening ini
  • Kamera. Bisa membawa GoPro atau Kogan action camera, atau kamera / handphone yang waterproof. Rugi kan kalau sudah jauh jauh kesini tidak dapat foto yang memukau untuk di upload di media sosial?.
  • Tas plastik, untuk menyimpan pakaian basah dan sampah yang kita bawa.

Tentunya sebagai wisatawan yang baik, selalu jaga kebersihan tempat wisata yang kita singgahi, jangan buang sampah sembarangan. Jaga kelestarian lingkungan, guys.

Foto Foto Umbul Manten

Foto foto dibawah ini merupakan kumpulan dari user instagram yang mengabadikan tempat wisata klaten terbaru ini. Lihat satu persatu dari foto umbul manten ini, pasti kalian akan iri melihatnya.

foto prewedding di umbul manten

foto prewedding di umbul manten oleh m irfan sumber: www.adeirfan-wedding.com