Menikmati Sunrise di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Kalian mungkin pernah pergi ke Yogyakarta, tetapi jika kita pergi ke sana tiga tahun yang lalu, Mungkin tidak tahu Wisata Kebun Buah Mangunan . Salah satu tempat wisata di Yogyakarta ini menjadi begitu populer sejak sekitar 2 tahun yang lalu, padahal kebun buah ini dibangun pada tahun 2003. Taman ini terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta dan diatas tanah seluas 23,3 ha. Daerah ini terletak di ketinggian antara 150 dan 200 meter di atas permukaan laut.

gambar ikon puncak kebun buah mangunan

Mengapa Kita Harus Mengunjungi Kebun Buah Ini

Destinasi wisata alam di Jogja ini menjadi begitu populer karena terdapat beberapa hal yang menarik. Ada beberapa alasan mengapa Kita harus pergi ke kebun ini:

• Disini kita bisa menikmati suasana yang menyegarkan seperti di Green Village Gedangsari. Selain itu, kita juga bisa melihat pemandangan yang sangat cantik. Ketinggian kebun ini yang berada pada 150-200 mdpl membuat udara segar. Kebun buah Mangunan ini merupakan salah satu tempat yang indah untuk menikmati matahari terbit dan terbenam. Ketika Anda berencana untuk melihat matahari terbenam, Kita perlu untuk pergi ke sana sedini mungkin. Kitaa akan menemukan pemandangan dengan matahari terbit keluar dari awan. Kita akan juga dibikin terpesona dengan Sungai Oyo (Oyo River) yang melengkung mengalir di antara bukit-bukit yang curam.
  • Kebun buah Mangunan merupakan tempat yang strategis untuk melihat Pantai Parangtritis dan Kota Bantul dari satu titik. Dari taman ini, Anda bisa menghadap ke selatan dan menemukan pemandangan pantai Parangtritis sementara untuk melihat pemandangan kota Bantul, kita bisa menghadap ke sebelah barat.
  • Wisata sambil belajar banyak hal. Ya, Kita dapat menemukan berbagai buah-buahan tumbuh di sana. Ada banyak buah-buahan lokal seperti durian, mangga, buah rambutan, jeruk, buah manggis, buah duku, lengkeng, jambu air, jambu biji, belimbing, nangka, salak dan sawo. Jika Kita datang pada waktu yang tepat ketika buah dipanen, Kita dapat mencicipi enaknya buah yang ditanam disini. Selain itu aada juga beberapa pohon lain seperti pohon kayu, rumput raja, pinus, dll
  • Kita juga bisa belajar pembibitan sapi. pembibitan ini bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak sapi. limbah dari sapi digunakan untuk membuat pupuk organik untuk pohon-pohon yang disebutkan di atas. Selain melihat pembibitan sapi, Kita juga dapat menemukan banyak monyet yang tinggal di sana.
  • Yang paling penting adalah fasilitas lengkap yang dapat Anda nikmati saat Anda mengunjungi taman buah ini.
liukan sungai oyo dilihat dari kebun buah mangunan

Buah dan Hewan apa Saja Yang Dibudidaya?

Seperti disebutkan sebelumnya, Kita mengunjungi tempat ini untuk menikmati pemandangan dan akan menemukan beberapa tumbuhan dan hewan. Ada sekitar 1500 pohon durian, 300 pohon jambu air, 220 pohon jeruk, 950 pohon mangga, 200 pohon buah-buahan lainnya dan 40 ekor sapi.

Rute Menuju Kebun Buah Mangunan

Untuk menuju kesini, kita dapat pergi dari Terminal Giwangan. Ambil Jalan Imogiri Timur. Lurus sampai menemukan pertigaan. Belok kiri sampai menemukan pertigaan yang lain dengan penunjuk arah ke taman buah Mangunan. Belok kanan untuk pergi ke kebun mengikuti rambu-rambu lainnya.

Atau lebih mudahnya gunakan smartphone kalian dan cari “kebun buah Mangunan” pada Google Maps. Kota ini terletak di -7,940409, 110,424601. Kalian juga dapat menghubungi (0274) 6460182 / 6460236.

Fasilitas Yang Telah Tersedia

Kebun Buah Mangunan tidak seperti taman buah biasa. Ada beberapa fasilitas lain yang bikin membuatnya berbeda dari kebun buah lainnya. Fasilitas itu adalah Outbond, flying fox, shaking bridge, camping ground, homestay, ruang pertemuan, kolam renang anak-anak ,area belajar, tempat bersantai, dan berbagai tanaman dan buah-buahan.

Secara resmi, tempat ini buka antara pukul 08.00 dan 18.00 WIB. Waktu terbaik untuk pergi ke sana adalah pada pukul 17.00 sehingga Anda dapat menikmati matahari terbenam. Dan kabar baiknya adalah harga tiket masuk kebun buah Mangunan ini sangat terjangkau. Kita hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk biaya retribusi  dan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun, pemandangan matahari terbit dan pemandangan berawan saat ini begitu populer. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang datang pada pukul 5 sore. Jadi apakah kalian akan kesini pada sore hari menjelang matahari terbenam?

Tips Untuk Mendapat Pemandangan Terbaik

Pemandangan terbaik yang semua orang ingin nikmati adalah adegan sunrise dimana matahari terbit muncul dibalik awan. Dimana awan yang tebal akan menjadikan lebih menarik dan indah. Namun, pemandangan ini tidak dapat ditemukan setiap hari. Kita perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut, seperti cuaca dan waktu.

Sunrise Dibalik Awan Kebun Buah Mangunan

Cuaca

Pemandangan berawan terbaik umumnya ditemukan selama musim hujan. Awan tebal yang ditemukan di pagi hari setelah hujan lebat yang cepat mereda pada malam hari. Namun, jika hujan berlangsung lama pada malam hari, awan akan tipis. Di sisi lain, pada saat musim kemarau, pemandangan berawan sulit akan sulit ditemukan.

Waktu

Untuk menemukan pemandangan terbaik dari kebun buah Mangunan ini, Kalian harus siap sebelum pukul 5.30. Karena dibutuhkan sekitar 1 sampai 1,5 jam dari Kota Yogyakarta ke tempat ini, Anda perlu untuk pergi sedini mungkin. Hal ini agar kita dapat suatu hal yang istimewa yaitu pemandangan sunrise matahari terbit muncul dari balik awan. Jangan terburu-buru pulang karena masih ada pemandangan cantik lainnya yaitu memudarnya awan dan pegunungan hijau muncul.

Tips

Jangan lupa untuk memakai jaket karena disini udara cukup dingin pada saat pukul 5.00 – 7.00. Dan juga lebih baik memakai sepatu daripada memakai sandal karena jalanan kadang-kadang licin, terutama setelah hujan. Kita dapat membawa beberapa makanan untuk sarapan. Namun, ada juga beberapa warung makan yang menawarkan makanan lokal. Dan juga tetap hati-hati. Beberapa daerah di sekitar Gardu Pandang tidak dilindungi dengan pagar.

Obyek Wisata Lain Terdekat

Mungkin akan memakan waktu cukup lama untuk pergi ke kebun buah Mangunan ini dari hotel tempat Anda menginap di kota Yogyakarta, atau sebaliknya. Untungnya, kita juga memiliki waktu untuk mengunjungi tempat wisata lain baik pada saat pergi ke taman untuk matahari terbit atau terbenam. Setelah menikmati saat matahari terbit atau sebelum Anda menikmati saat matahari terbenam, Kita bisa pergi ke beberapa tempat, seperti Makam Raja Imogiri, Air Terjun Lepo, Air Terjun Sri Gethuk, Hutan Pinus Imogiri, Pantai Parangkusumo, Parangtritis, Pantai Depok, dll.  Kita juga dapat mencoba kuliner, nasi pecel Imogiri, dan belanja batik Imogiri.

Jadi jangan lewatkan kebun buah Mangunan untuk menjadi salah satu destinasi wisata saat liburan di Jogja. Segera deh lihat kalender 2017 dan lihat kira kira tanggal berapa bisa mengajukan cuti untuk liburan bersama keluarga.