Wisata Kaliurang Jogja, Destinasi yang Cocok Untuk Liburan Keluarga

webwisata.com – Wisata Kaliurang merupakan destinasi wisata Yogyakarta yang terletak dikaki gunung merapi. Dengan hawa yang sejuk dan dingin tempat wisata ini menawarkan berbagai kegiatan wisata untuk para pengunjungnya. Para pengunjung bisa menikmati panorama gunung merapi dari gardu pos pengamatan Merapi, ataupun mengetahui kilas sejarah zaman penjajah dari Goa Jepang. Salah satu tempat wisata yang terkenal di Kaliurang adalah Tlogo Putri. Berlokasi dibagian selatan lereng gunung Merapi, Tlogo putri ini menyatu dengan kawasan hutan perhutani.

Sebelum dijadikan tempat wisata, sebenarnya Tlogo putri difungsikan sebagai sebuah embung (Tempat Penampungan Air Hujan) untuk memenuhi kebutuhan air di desa sekitar. Tempat wisata yang dikelola oleh dinas pariwisata Sleman ini memadukan wisata air dan wisata alam. Dengan wisata airnya para pengunjung bisa menikmati keseruan bermain kano ataupun bebek air. Dan jalur tracking untuk pejalan kaki yang berujung pada Air Terjun Tlogo Muncar melengkapi pilihan untuk wisata alamnya.

gambar wisata-kaliurang-jogja

gambar wisata-kaliurang-jogja

Selain wisata air dan wisata alamnya, Tlogo Putri juga dilengkapi beberapa wahana permainan untuk aktivitas fisik seperti flying fox, bianglala dan jungkat-jungkit. Jika anda merasa malas, sekedar berfoto-foto dengan gaya selfie juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan disini. JIka anda beruntung mungkin anda akan menemukan beberapa monyet yang menghuni hutan dikawasan ini.

Rekomendasi : Desa Wisata Jogja, Menikmati Indahnya Alam

Beberapa bulan sekali tempat ini juga mengadakan pentas seni bagi para pengunjungnya. Pagelaran seni yang ditampilkan meliputi jathilan, campur sari bahkan ada juga teather melayu. Para pengunjung tak perlu khawatir untuk merogoh kocek saat menikmatinya, karena pentas seni yang ditampilkan ini digelar secara gratis. Selain di Tlogo Putri, Anda juga bisa mengunjungi Taman Rekreasi Kaliurang. Tempat Wisata Kaliurang Jogja yang satu ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga.

Taman yang memiliki luas hingga 10.000 m2 ini memiliki berbagai wahana permainan yang sesuai untuk anak-anak. Sebut saja kolam renang mini, perosotan serta ayunan dan masih banyak lagi. Selain itu di wahana ini juga terdapat patung-patung hewan khas nusantara dan juga patung-patung lucu dari karakter cerita dongeng 1001 malam. Dijamin anak-anak anda akan senang jika bermain di Taman rekreasi Kaliurang ini. Satu hal yang wajib diperhatikan adalah jangan sampai melepaskan anak-anak anda sendirian ataupun hilang dari pandangan anda. Karena akan kesulitan mencari mereka di tempat yang ramai dan luas ini.

Baca juga  Wisata Green Village Gedangsari Gunung Kidul Yogyakarta

Setelah lelah mengunjungi berbagai tempat wisata, anda tak perlu terburu-buru turun ke kota Jogja. Beristirahatlah dan nikmati kesejukan dan keheningan malam hari dari kaki Gunung Merapi ini. Banyak tersedia homestay dan villa yang bisa anda sewa untuk menginap disana. Rentang harga yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal, semua sesuai dengan fasilitas dan ukuran villanya. Wisata Kaliurang Jogja sekarang sudah bukan lagi hal yang membosankan, karena telah banyak pilihan yang disuguhkan dari lokasi wisata yang satu ini.