Wisata Green Village Gedangsari Gunung Kidul Yogyakarta

Yogyakarta, salah satu daerah di Indonesia ini memang memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Jika di daerah Kota Yogyakarta terdapat berbagai destinasi wisata kuliner, belanja, museum dan wisata keluarga, Di kabupaten lain di Provinsi ini memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Nah kali ini webwisata.com akan sedikit memberikan info mengenai Green Village Gedangsari yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jika di Wisata Kulonprogo terdapat Kalibiru, dimana kita bisa berfoto diatas pohon sambil melihat waduk. Di Gunung Kidul juga memliki banyak wisata alam yang menarik. Seperti banyaknya pantai di Jogja (Gunung Kidul) yang tersebar di sepanjang selatan pulau Jawa yang sangat cantik. Contohnya adalah Pantai Indrayanti yang sudah terkenal. Selain deretan pantai, di Kabupaten ini juga terdapat suatu bukit yang jika kita berada diatas, kita akan melihat hamparan lampu kota pada malam hari dan hijaunya sawah dan pepohonan yang berada pada pegunungan seribu  yang menyejukkan mata.

gambar green village gedangsari gunung kidul

gambar green village gedangsari gunung kidul

Lokasi Green Village Gedangsari

Green Village Gedangsari ini terletak di perbatasan antara Gunung Kidul dan Klaten. Jadi pemandangan hamparan lampu merupakan lampu yang ada di Klaten. Mirip seperti bukit bintang, dimana kita akan disuguhkan pemdangan lampu kota di malam hari dari atas bukit ini.

Lokasi objek wisata ini terletak di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Sudah dibangunnya beberapa fasilitas wisata di area ini yaitu seperti tangga yang dilengkapi dengan pagar untuk menaiki bukit, gazebo yang dapat kita gunakan sebagai tempat bersantai sekaligus melihat keindahan alam, kamar kecil dan juga musholla. Jadi kalian yang muslim, tak usah khawatir pada saat berlibur kesini.


pemandangan di green village gedangsariRute Menuju Green Village Gedangsari

Untuk kalian yang ingin berlibur kesini, disarankan menggunakan kendaraan bermotor. Ini dikarenakan lokasi tempat wisata di Jogja ini cukup jauh dari pusat kota yaitu sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Akses jalan menuju Green Village Gedangsari ini cukup mudah untuk dijangkau. Namun para pengunjung diharapkan lebih berhati hati dikarenakan jalan utama menuju lokasi cukup sempit dan menanjak. Seperti yang telah dijelaskan diatas, terdapat 2 rute yang dapat ditempuh untuk menuju Green Village Gedangsari ini yaitu dari Klaten atau dari Jogja. Berikut sedikit gambarannya:

Dari Klaten: melalui Wedi ke arah selatan lewat jalur Dusun Watugajah. Sedangkan jika dari Timur (Bayat) kalian dapat melewati Kecamatan Bayat ke selatan lewat Desa Tegalrejo dan setelah itu ke arah barat lewat Guyangan Lor.

Dari Jogja: ada dua jalur alternatif yang dapat pengujung pilih menuju Green Village Gedangsari ini. Pertama yaitu melalui jalan utama Jogja – Wonosari. Dan yang kedua lewat jalan Solo – Klaten dan belok kiri arah Wedi seperti panduan di dari Klaten diatas

Jika kalian bingung, kalian bisa bertanya pada teman yang sudah pernah kesana atau bisa melihat google maps dengan mengetikkan “Green Village Gedangsari”. namun tips paling jitu yaitu dengan menanyakan pada penduduk sekitar jika kalian kesasar di daerah tersebut.

Sejarah

Seperti yang dijelaskan oleh kepala desa dari Desa Mertelu, Tugiman, Desa wisata ini dikembangkan oleh penduduk lokal yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani. Mereka membangun tempat ini dengan dukungan dari pemerintah dengan program MP3KI (Masterplan Percepatan Dan Perluasan Equity Kemiskinan di Indonesia), sebuah program yang bertujuan membantu warga miskin untuk memperbaiki kondisi keuangan mereka. Pengembangan ini membutuhkan dana sekitar Rp 2 miliar. Termasuk dalam pembangunan ini adalah akses dan lampu pencahayaan untuk Green Village. Selain itu, ada beberapa fasilitas yang dibangun di daerah ini.

Fasilitas

Beberapa fasilitas penunjang dibangun untuk mendukung wisawatan menikmati keindahan alam panorama sekitarnya desa wisata ini. Dari tempat ini, Anda bisa melihat daerah Klaten dan Yogyakarta ketika Anda menghadapi ke utara. Di daerah selatan, Anda dapat melihat beberapa gunung dengan pohon-pohon hijau lebat.

Untuk memaksimalkan eksplorasi ini, Green Village Gedangsari dilengkapi dengan tangga dan gazebo. Jalur tangga dilengkapi dengan pagar besi yang dicat dengan warna biru. Sehingga berjalan disini akan lebih aman. Namun, Anda mungkin menemukan masalah jika Anda ingin buang air. Toilet masih terbatas di sini, yang mungkin menjadi salah satu masalah bagi sebagian orang.

Hal Menarik di Green Village Gedangsari

Yang paling menarik dari desa wisata ini adalah panorama alamnya. Ketika kita berjalan di jalur yang telah disediakan dan tangga ke atas bukit, Anda dapat melihat hamparan hijaunya alam yang indah sekitarnya. Kita juga bisa merasakan angin. Daerah ini berangin dan membuat perjalanan lebih nyaman. Selama perjalanan, Kita juga dapat beristirahat di beberapa gazebo yang disediakan. Jika Kita membawa beberapa makanan, Kita bisa santai sambil menikmati keindahan alam sang pencipta. Namun, jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya untuk menjaga daerah ini selalu bersih!

Dan yang paling dicari oleh wisatawan adalah matahari terbenam. Dari atas bukit Green Village Gedangsari, sunset bisa terlihat jelas. Pandangan ini berbeda dengan sunset di pantai. Selain sunset, sunrise dapat juga dilihat dari tempat ini. Ia menawarkan tampilan yang luas karena di pagi hari, kompleks wisata dari Rowo Jombor dapat juga tertangkap dari tempat ini.

Sunset di Green Village Gedangsari

Sunset di Green Village Gedangsari

Apa Yang Dapat Kita Lakukan

Tentu saja, hal utama yang harus dilakukan adalah menikmati panorama alam yang sangat indah. Namun, itu tidak cukup untuk sebagian besar wisatwan. Dan tentunya berfoto selfie ria bersama teman ataupun kerabat. Kita akan selalu menemukan pemandangan yang menarik untuk diabadikan. Oleh karena itu, tempat ini adalah tempat yang sempurna untuk fotografer atau seseorang yang suka selfie.

Selain itu juga Green Village Gedangsari merupakan tujuan yang cocok bagi mereka yang suka trekking. Trekking menjadi salah satu olahraga yang akan menjaga kesehatan kita. Selain berjalan-jalan, Kita dapat menikmati pemandangan. Rute trekking yang tidak begitu jauh, apalagi dengan pemandangan yang indah di sekitarnya yang membuat Kita tidak lelah. Belanja adalah hal lain yang menarik untuk dilakukan. Ada banyak penduduk lokal yang menghasilkan beberapa kerajinan. Jadi selain berwisata, kita dapat membeli kerajinan penduduk lokal.

Waktu Terbaik Mengunjungi Green Village

Seperti disebutkan sebelumnya, saat yang paling favorit untuk berwisata di salah satu tempat wista di Gunung Kidul ini adalah saat matahari terbenam. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk pergi adalah pad saat sore hari. Seperti yang kita ketahui ada dua musim di Indonesia, musim kemarau dan hujan. Kita lebih baik pergi dalam musim kemarau. Karena setelah hujan, jalur cukup licin. Selain itu, selama musim hujan, daerah akan berawan sehingga kita akan sulit untuk melihat matahari terbenam dari sini.

sudut green village gedangsari

Harga Tiket Masuk

Sampai artikel ini ditulis, biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke lokasi wisata Green Village Gedangsari ini adalah nol rupiah alias gratis. Tetapi jika kalian menggunakan kendaraan bermotor, ada biaya parkirnya. Untuk mobil, biaya parkirnya sebesar Rp.5000 dan untuk sepeda motor sebesar Rp.2000 saja. Di sekitar lokasi tersebut juga banyak warga yang menawarkan kerajinan tangan yang sebagian besar masih belum sejahtera. Alangkah baiknya jika kita sebagai pengunjung juga sedikit membantu mereka dengan membeli barang yang ditawarkan. Jadi kita selain menikmati keindahan alam disana, kita juga sedikit berbagi kebahagiaan.

Jadi sudah tau kan dimana letak green village, berapa harga tiket masuk dan sedikit info mengenai salah satu tempat wisata di Jogja ini? Segera agendakan bersama keluarga tau sekedar refreshing mengurangi beban pikiran yang ada.