Wisata di Umbul Sidomukti Bandungan Semarang

Kali ini webwisata.com akan membahas salah satu tempat wisata di Semarang yang cukup terkenal, yaitu Umbul Sidomukti. Ini adalah salah satu wisata alam yang paling terkenal di Bandungan, Ungaran Kabupaten Semarang. Selain kolam, disini juga terdapat beberapa fasilitas outbond yang akan menantang adrenalin kita dan juga fasilitas rekreasi yang tentunya akan melengkapi kegiatan outdoor disini.

Di umbul Sidomukti Bandungan Ungaran ini, sebenarnya tidak hanya terdapat satu kolam, tapi ada 4 buah kolam bertingkat dengan kedalaman berbeda. Jika kalian hanya ingin menikmati dingin dan segarnya air di Umbul ini, dan juga sambil menikmati pemandangan Kabupaten Semarang, pilihlah yang dangkal. Kita bisa melihat hijaunya pemandangan dan juga sibuknya kota ungaran sambil berendam di air yang menyegarkan disini. (baca juga wisata di Umbul Ponggok Klaten)

Selain umbul, di Kawasan Sidomukti ini terdapat beberapa wisata outdoor, seperti flying fox, ATV, Net Bridge, dan menunggang kuda yang sukup menantang nyali kita. Flying fox yang ada di Umbul Sidomukti ini memiliki panjang lintasan 110 meter dengan ketinggian kurang lebih 70 meter dari titik terendah. Jadi kita akan menggantung menuruni lembah antar dua bukit seperti seekor serigala yang sedang terbang. Selain flying fox, kegiatan yang menantang lainnya disini adalah marine bridge. Kita akan menyeberang diatas sebuah lembah hanya dengan menggunakan jembatan yang terbuat dari jaring tali. Kita dituntut keseimbangan dan juga keberanian kita dalam melangkah diatas jaring. Tapi tenang saja karena semua itu dilakukan dengan memakai alat alat keselamatan seperti helm dan tali pengaman.

Selain wisata alam, tidak jauh dari Umbul Sidomukti Ungaran ini juga terdapat beberapa resto / tempat makan untuk melengkapi liburan anda di Kabupaten Semarang ini. Yang paling terkenal adalah Pondok Kopi Resto. Untuk menuju kesana, dari umbul kita naik lebih tinggi kurang dari 1 km menggunakan mobil atau motor. Di Pondok Kopi ini kita akan dapat menikmati berbagai camilan dan minuman sambil memandangi view dari Ungaran, Rawa Pening dan juga Gunung Merbabu dalam satu hamparan. Tempat yang cocok untuk bersantai dengan orang orang tersayang. Wah hampir mirip sama Eling Bening di Ambarawa ya.

pemandangan dari atas pondok kopi Bandungan

Di Umbul Sidomukti juga terdapat beberapa villa bagi yang sedang berbulan madu atau liburan bersama keluarga. Dengan menginap di Villa Umbul Sidomukti Bandungan ini kita bisa menikmati suasana segar dan dinginnya udara di Kawasan ini. Selain itu juga terdapat berbagai penginapan. Sayangnya admin web ini belum mendapat informasi mengenai harga dari sewa villa ataupun penginapan.

Lokasi Umbul Sidomukti jika kita dari Jalan arah Semarang menuju Solo, sampai menemukan pom bensin Lemah abang di sisi kiri jalan, belok kanan menuju ke arah Bandungan. Kan terdapat tulisan Kawasan Wisata Bandungan di belokan tersebut. Sampai di Pasar Jimbaran di sisi kiri, akan ada gang bertuliskan sidomukti di sisi kanan dengan jalan menanjak. Di sepanjang jalan kecil ada beberapa papan petunjuk untuk sampai ke Umbul Sidomukti, Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang. Akses ke tempat ini sangat sulit bagi driver pemula, beberapa jalan di desa memiliki hampir 40 derajat miring dan sempit. Jadi pastikan kendaraan dalam kondisi sangat baik dan didukung oleh sopir yang berpengalaman.Untuk Bus ukuran besar tidak bisa masuk ke area ini karena jalannya sempit.

villa di umbul sidomukti

Itulah sedikit gambaran mengenai foto, lokasi, harga, villa, hotel, penginapan dan tiket Umbul Sidomukti Bandungan Semarang. Jika kalian sedang berlibur di Semarang seperti wisata di Lawang Sewu beberapa hari sempatkanlah kesini. Gak akan rugi kok. Saran dari admin, jangan kesini saat weekend atau libur panjang dikarenakan padatnya pengunjung yang akan mengurangi kekhusukan berlibur anda. Semarang adalah salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Tengah yang menarik. Selamat berlibur