Wisata Alam Semarang Nuansa Petualangan di Curug Benowo

Siapa sangka di balik kota Semarang yang modern dan tak ubahnya dengan kota metropolitan, bersaing ketat dengan pesona perkotaan khas Jakarta dan Surabaya Anda bisa menemukan pesona dari wisata alam liar yang kaya tantangan. Tak hanya wisata Umbul Sidomukti saja, Wisata alam Semarang yang hadir di tengah belantara perbukitan Ungaran , sisi timur kota Semarang yang eksotis. Berikut sedikit info dari webwisata.com

Ungaran adalah sebuah kawasan dataran tinggi dengan puncak sebuah gunung berketinggian mencapai lebih dari 2 ribu meter dari permukaan laut. Kawasan ini dipadati oleh vegetasi tropis yang membuatnya seperti bingkai hijau bagi kota Semarang yang terkenal berhawa panas. Curug Benowo berada tepat pada lereng gunung Ungaran, tepatnya pada desa Kalisidi, Ungaran Barat Kabupaten Semarang.

Seperti sudah dikatakan sebelumnya di artikel ini, beberapa kawasan di lereng Ungaran dipadati oleh hutan tropis skala medium yang lengkap dengan kawasan terjal, bebatuan dan bukit-bukit. Ini membuat Anda perlu sedikit berjuang untuk bisa mencapai lokasi curug Benowo.

Itu sebabnya tak bisa kita katakan wisata alam Semarang ini layak menjadi destinasi wisata keluarga. Perlu niat kuat dan semangat bertualang untuk bisa menempuh perjalanan berat memasuki area lereng. Tetapi tak ada yang merugikan dari perjalanan ini karena Anda akan berakhir pada sebuah lembah penuh pesona dengan kecantikan hutan tropis, aliran air terjun cantik yang bersusun menyusuri batuan bertingkat. Ailiran airnya layaknya selendang sutra yang menembus semak dari puncak tebing tinggi yang terjal.

Jangan lupa, tak jauh dari curug Benowo ini juga terdapat curug yang bentuknya lebih landai, namanya curug Lawe. Curug Lawe ini memiliki latar batu yang berbentuk kolam yang seolah menampung aliran air terjun dari puncak tebing yang lebih pendek.
curug benowo semarang

Tapi tentu saja Anda perlu mempersiapkan diri demi menempuh perjalanan ini. Setidaknya siapkan bekal minum karena mustahil menemukan warung minuman di dekat lokasi. Kenakan sepatu khusus tracking atau sandal gunung yang nyaman untuk perjalanan, mengingat pada beberapa jalur Anda bisa menemukan batuan licin dan lumpur. Jangan lupa pula mengenakan celana yang nyaman karena Anda akan memerlukan fleksibilitas untuk bisa menyusuri jalur yang berbukit dan terjal.

Anda bisa memulai perjalanan menuju wisata air terjun Semarang ini dari alun-alun Ungaran. Lalu Anda mengambil rute menuju daerah Gunungpati, sampai Anda menemukan sebuah kawasan pemakaman bertuliskan Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumur Gunung.   Dari titik ini Anda perlu berbelok ke arah kiri dan masuk ke area jalan desa dari pedukuhan Sumur Gunung.

Terus berjalan sampai Anda menjumpai sebuah posko kecil. Anda bisa memarkir mobil atau motor Anda di depan posko. Dari titik inilah Anda akan melalui jalur pejalan kaki yang berat menembus area hutan dan perbukitan terjal.

Pada titik awal Anda masih akan melalui jalan setapak yang naik turun menuju hutan. Sesampai di area hutan, Anda harus menuruni lereng dan meniti jalur berbatu dan tanah. Pada beberapa titik bahkan cukup licin dan berbahaya. Tantangan semakin berat begitu Anda mulai mendengar suara percikan air dari kejauhan. Jalur semakin licin terkikis aliran sungai kecil yang menyisir jalur perjalaan Anda.

Makin penasaran bukan untuk menjajal naluri petualangan Anda di jalur petualangan menuju air terjun Semarang satu ini? Tak ada salahnya memanjakan adrenalin Anda sesekali dengan menjajal keberanian di wisata alam Semarang yang mempesona ini. Dan nikmati sebuah kepuasan tak terlukiskan ketika akhirnya Anda bisa menjejakan kaki di hadapan air terjun menawan ini. Memang spot ini menjadi wisata di Semarang yang layak dikunjungi.