Pesona Pegunungan Dari Wisata Bandungan Semarang

Semarang terkenal dengan kotanya yang padat, belum lagi kawasannya yang dekat denga pantai membuat udara di kota terbesar di Jawa Tengah ini lebih terasa panas dan gerah. Tapi siapa sangka tak sulit bagi penduduk dari kota ini untuk menemukan ketenangan, cukup menepi ke sisi selatan Semarang dan temukan pesona wisata Bandungan Semarang yang sejuk dan segar. berikut sedikit info oleh tim webwisata.com.

Wisata Bandungan Semarang adalah sebuah kawasan pegunungan yang berjarak sekitar 1 jam dari pusat kota Semarang. Posisinya seolah berada tepat ditengah lembah antara gunung Sumbing dan gunung Ungaran. Juga sangat dekat dari Ungaran dan Ambarawa. Itu sebabnya kawasan wisata alam Semarang ini memiliki udara sejuk khas dataran tinggi, lengkap dengan panorama alam khas pegunungan yang syahdu dan menenangkan.

Sejarah Bandungan

Kawasan wisata khas Semarang ini merupakan sebuah kecamatan yang diawali dari sebuah legenda yang tidak diketahui kebenarannya. Pada masa lalu seorang pria bernama Ki Sanggem mendapatkan wangsit untuk mencari sumber air di puncak bukit. Sumber air ini akan membuat sang istri bisa memiliki keturunan. Wangsit ini terbukti benar, sang istri tak lama memiliki anak setelah suaminya menemukan sumber air.

Hanya saja sumber air ini mengalir terlalu deras sampai terus membanjiri desa di bawahnya. Ki Sanggem mendapat wangsit kembali untuk membendung sumber air dengan benda besar dan berat. Ki Sanggem lagi-lagi menjalankan perintah ini dengan menutup sumber air menggunakan Gong. Akhirnya aliran air bisa lebih diatur dan tidak lagi membanjiri desa. Dari sanalah nama Bandungan berasal, yakni dari kata Bendungan. Terlepas dari kebenaran legenda ini, satu yang jelas kawasan wisata alam Semarang ini memang sangat populer di kalangan masyarakat Semarang dan sekitarnya. Meski kawasan ini pada awalnya hanya dikenal sebagai pusat industry sayuran dan buah.

Pada awal tahun 70an pemerintah memilih kawasan ini sebagai pusat pengembangan buah kelengkeng dan hingga kini nama kawasan Bandungan seolah sudah demikian melekat dengan buah kelengkeng. Anda bisa menjumpai deretan penjaja aneka buah di sepanjang jalan dan sudah pasti tak ada satupun penjaja tersebut yang luput menjual buah kelengkeng.

Kawasan Bandungan menjadi wisata alam favorit di Semarang.

Dan kini kawasan ini praktis menjadi salah satu pelarian favorit masyarakat Semarang dari kepenatan khas kota besar. Apalagi di kawasan ini juga berdiri beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk Anda singgahi satu persatu.

Salah satu yang cukup populer adalah kawasan wisata agraris adalah Umbul Sidomukti. Sebuah desa wisata yang dilengkapi dengan sarana outbond modern yang luas. Nama besar Umbul Sidomukti sudah demikian besar karena memang lokasi ini menjadi salah satu perintis wisata outbond di sekitaran Semarang.

Di kawasan ini juga terdapat area water park yang akan memanjakan Anda dengan keseruan permainan air dengan bersumber pada mata air pegunungan kawasan ini. Juga sebuah area taman bunga cantik yang memanjakan Anda dengan pesona aneka flora yang memikat. Belum puas menyesa pesona dari wisata Bandungan Semarang? Anda perlu menjajal untuk menyambangi 9 rangkaian candi dari Candi Gedung Songo. Candi bergaya Hindu ini terdiri dari 9 buah yang berdiri di beberapa sisi lembah secara terpisah. Meski bukan candi besar, eksotisme sejarah yang menyelimuti candi ini masih begitu melekat dan tak akan gagal mempesona Anda.

Anda juga bisa menikmati salah satu wisata di Semarang ini dengan menyewa kuda tunggangan untuk mengelilingi kompleks candi. Jangan ragu, karena selain Anda akan disuguhkan keindahan lekuk candi yang sarat sejarah, panorama alam di sekitar candi juga sangat mempesona. Lokasinya yang berbukit dan naik turun akan sedikit menantang keberanian Anda.

berkuda di kawasan candi gedong songo

Di kawasan ini juga dibangun sebuah kawasan elit dimana berdiri chapel yang siap disewakan untuk acara pernikahan. Yang unik chapel ini sedikit terinspirasi salah satu chapel di kawasan Bali yang memberi akses luas udara terbuka terasa atmosfernya sampai ke dalam ruangan.

wedding at chapel susan spa and resort

Ternyata Tak hanya Lawang Sewu atau gereja Bleduk saja yang bisa Anda jumpai di kota Semarang. Cukup menepi sedikit dari hiruk pikuk kota ke arah utara dan Anda akan menemukan lokasi wisata Semarang dengan atmosfer yang lebih tenang dan segar, tentu saja tak ada lain kawasan Wisata Bandungan. Jika tak ingin jauh ke daerah atas, coba deh ke spot wista baru yaitu wisata eling bening di Ambarawa. Semarang menjadi salah satu kota tujuan wisata di Jawa Tengah yang menarik.