Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat

Setelah membahas tentang wisata Medan, kali ini webwisata.com akan membahas tempat wisata di Padang, sebuah kota yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Kota terbesar di pesisir pulau sumatera ini merupakan Ibukota dari provinsi Sumatera Barat. Sejak zaman penjajahan, Padang sudah menjadi kota yang sangat penting karena menjadi pelabuhan utama perdagangan teh, kopi, rempah-rempah, hingga emas. Pelabuhan yang digunakan adalah pelabuhan yang sekarang dikenal dengan pelabuhan teluk bayur. Padang juga merupakan kota dengan pendapatan perkapita tertinggi di wilayah Sumatera Barat, serta kota dengan fasilitas pendidikan terlengkap.

Selain kelebihan diatas, ternyata Padang juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain. Obyek wisata di padang terbilang cukup lengkap, bahkan memiliki keunikan tersendiri yang dapat membedakannya dengan daerah lain. Selain budayanya yang cukup kental, ciri khas padang juga terletak pada makanannya. Bahkan kelezatan masakan padang sudah menyebar hingga ke mancanegara. Sebut saja rendang, yang masuk dalam kateggori masakan paling enak di dunia.

Pantai Aie Manih

Nampaknya pantai ini merupakan tempat wisata di padang yang wajib dikunjungi wisatawan. Karena pantai Aie Manih, yang dalam bahasa indonesia berarti pantai air manis, merupakan pantai tempat legenda maling kundang terjadi. Yup, dipantai inilah latar cerita malin kundang yang sering kita dengar. Bahkan apabila anda mengunjungi pantai ini, masih ada batu yang konon merupakan sosok malin kundang yang dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Batu tersebut berbentuk seperti orang yang sedang bersujud. Karena letaknya yang cukup dekat dengan bibir pantai, maka perlahan-lahan batu ini mulai dimakan usia. tapi walaupun begitu bentuk orang sujudnya masih terlihat jelas.

Jembatan Siti Nurbaya

Pernah mendegar cerita Siti nurbaya? atau paling tidak pernah mendegar nama Siti nurbaya? di Padang ada jembatan yang bernama jembatan Siti nurbaya. Jembatan ini seakan sudah menjadi ikon wisata kota Padang, sehingga banyak yang berpendapat belum lengkap rasanya apabila mengunjungi padang tapi belum singgah ke jembatan ini. Jembatan Siti nurbaya sejatinya merupakan jembatan biasa yang masih aktif digunakan kendaraan, jembatan ini menghubungkan kota tua Padang dengan Taman Siti Nurbaya, taman tempat Sini nurbaya dimakamkan. Di jembatan ini anda dapat menikmati pemandangan sore hari yang cukup elok sambil menikmati sajian jagung bakar ataupun roti bakar yang di jajakan penujual di sekitar jembatan.

Museum Adityawarman

Apabila berkunjung ke Padang masukanlah museum adityawarman dalam daftar tempat wisata di padang yang harus anda kunjungi. Karena museum yang dibangun pada 16 Maret 1977 ini merupakan museum budaya terbesar dan terpenting di provinsi Sumatera Barat. Anda dapat menemukan ribuan keunikan mengenai budaya minangkabau di museum ini, karena museum ini menyimpan berbagai benda sejarah yang berkaitan dengan budaya minagkabau, mentawai, maupun nusantara. Bahkan museum ini seakan sudah menjadi ikon Padang serta Sumatera Barat secara umum. Maka dari itu sayang apabila anda melewatkan kunjungan ke museum ini.

Itulah 3 tempat wisata di Padang yang memiliki ciri khas yang membedakannya dengan tempat wisata di daerah lain. Oleh karena itu, apabila anda memiliki kesempatan mengunjungi Padang, sempatkan diri anda untuk menikmati kekhasan serta keunikan tempat-tempat wisata tersebut. Kunjungi juga wisata di daerah lain seperti wisata Malang, Batam, wisata murah Bali, dan juga wisata Bandung dan Jakarta. Selamat Berwisata.