Tebing Keraton, Bukti Indah Pahatan Tuhan di Tanah Pasundan

Jika di Kabupaten Semarang terdapat wisata eling bening, Tebing Keraton merupakan salah satu objek wisata di Kota Bandung yang sedang ramai menjadi perbincangan. Para peminat wisata baik dari dalam kota, maupun luar Bandung banyak yang berbondong-bondong pergi untuk mengunjungi keindahan alam yang satu ini. Sebenarnya objek wisata alam ini sudah lama ada di Kota Bandung, namun baru mulai dikenal luas pada awal tahun 2013 lalu. Tebing yang berlokasi di kawasan Taman Hutan Raya Djuanda ini awalnya ramai dikunjungi oleh para kawanan sepeda yang melintas dari daerah Dago menuju Lembang. Karena banyaknya pesepeda yang singgah sembari berfoto ria disini, lalu memposting fotonya ke social media, jadilah tebing ini mulai ramai dikunjungi oleh masyarakat luas.

gambar tebing keraton Bandung

gambar tebing keraton Bandung

Tempat Wisata Tebing Keraton Bandung

Bila kita ketahui Bukit Moko Bandung terkenal dengan rimbunnya pohon-pohon pinus, maka lain halnya dengan Tebing Keraton ini. Tebing Keraton yang dahulunya disebut sebagai Karang Jontor (Batuan yang menjorok. Red) oleh masyarakat sekitar ini justru menawarkan keindahan alam layaknya negeri diatas awan. Para pengunjung akan disuguhkan dengan kontur indah dari jalur patahan pegunungan Lembang, hamparan hutan yang dibelah oleh aliran sungai dari Curug Maribaya, serta sentuhan mistik dari kabut tebal yang menyelimuti bukit-bukit disekitar tebing ini. Waktu terbaik untuk mengunjungi objek wisata ini adalah saat sunrise ataupun sunset. Namun ada baiknya jika kita datang saat sunrise. Selain karena lokasi tebing yang menghadap kearah timur, kita juga masih bisa mendapatkan nuansa tenang dan sejuk jika tiba disini saat pagi hari.

Related : Indahnya Tempat Wisata Dusun Bambu Bandung

Untuk mencapai Tebing Keraton ini, kita bisa mulai perjalanan dari Simpang Dago Bandung menuju kearah Dago Atas. Lalu belok kiri dipersimpangan menuju Taman Hutan Raya Djuanda. Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti jalan besar, karena hanya tersedia satu jalur yang bisa dilalui. Setelah menempuh jarak sekitar 2-3 Kilometer, maka kita akan tiba di tiga persimpangan. Ambil jalur yang tengah dengan jalan sedikit menanjak. Jika kurang yakin kita bisa bertanya kepada masyarakat sekitar, karena di persimpangan tersebut banyak warung serta tukang ojek yang menunggu penumpang untuk diantar menuju Tebing Keraton.

foto tebing keraton oleh user instagram

foto tebing keraton oleh user instagram @diardwis

Tak jauh dari pangkalan di persimpangan tersebut, hanya berjarak kurang-lebih 700 meter, anda akan tiba di Tebing Keraton. Hal yang perlu diingat adalah ada baiknya jika Anda mengunjungi tempat ini menggunakan motor, dikarenakan medan yang ditempuh cukup terjal dan tidak memungkinkan untuk dilalui oleh mobil. Setibanya di Tebing Keraton anda akan disambut oleh loket karcis di depan gerbang masuknya. Cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 11.000,- Anda sudah bisa menikmati indahnya pahatan alam yang terukir di tebing ini. Tebing Keraton ini buka mulai pukul 05.00 – 17.00 WIB.

Jadi tunggu apalagi? Sudah siap berkunjung dan menikmati indahnya objek wisata alam yang satu ini? Dijamin anda tidak akan merasa bosan untuk mengunjungi Tebing Keraton dan merasakan nuansa syahdu dari salah satu pahatan Tuhan di Kota Bandung ini!. Nah kalau udah di Kota ini tak ada salahnya mencoba wisata Belanja di Bandung.