Sunday Morning (Sunmor) UGM Yogyakarta

Koordinat lokasi sunday morning Jogja : 7 46 11.5 S, 110 22 53.6 E
Masyarakat Yogyakarta atau yang pernah tinggal di Kota pelajar ini pasti kenal dengan istilah Sunday Morning (Sunmor) UGM Jogja. Tempat ini adalah salah satu tempat wisata di Yogyakarta Sunmor adalah pasar dadakan yang diadakan pada hari minggu saja pukul 05.00 – 12.00 WIB. Pasar ini berlokasi di sekitar lembah UGM yaitu di jalan Notonegoro yang berada diantara kampus UGM dengan kampus UNY. Istilah sunmor muncul dari kalangan masyarakat dan mahasiswa dengan menjuluki area berdagang di sekitar kampus UGM diakrenakan hanya hari minggu pagi pasar ini ada.

sunday-morning-jogja

Pada awalnya, area kampus UGM pada hari minggu hanya digunakan untuk berolahraga oleh masyarakat sekitar dari berbagai kalangan. Seiring dengan banyaknya masyarakat yang berolahraga sekaligus menikmati libur akhir pekan di kawasan ini mendorong para pedagang untuk menjajakan dagangannya dengan mendirikan lapak-lapak di sekitar area Lembah UGM yang dijadikan spot olahraga itu. Semula hanya kuliner yang dijajakan di area UGM, tetapi sekarang berkembang berbagai macam baju dan lain lain.

Dan kini lokasi tersebut dijadikan seperti “pasar” yang hanya diadakan setiap hari minggu saja. Bahkan mahasiswa pun ikut andil dalam membuka usaha dan menjajakan dagangannya disana. Dagangan yang dijual beraneka ragam, mulai dari baju, boneka, cemilan, sepatu dan beraneka ragam dagangan lainnya. Selain itu juga di area sunmor, juga menyediakan berbeagai macam menu sarapan, mulai dari lontong sayur, nasi kuning, bubur ayam, pecel dan masih banyak lainnya.

lokasi sunmor

Pengunjung yang berdatangan ke SunMor kebanyakan pemuda-pemudi yang memang dengan sengaja jalan- jalan kesana ataupun habis olahraga di sekitar UGM. Tapi hati- hati dan selalu waspada jika berkunjung kesana, karena menurut pedagan yang ada disana ternyata banyak copet berkeliaran. Apalagi pada saat ramai dan berdesak-desakan. Tapi itu bisa diatasi jika kita selalu waspada dengan barang berharga yang kita bawa. So Sunday Morning UGM jogja ini bisa dijadikan alternatif wisata minggu pagi bersama keluarga. jangan lupa kunjungi tempat wisata lain seperti Solo, Tawangmangu, dan Borobudur.