Wisata di Pasar Terapung Banjarmasin

koordinat : 3 17 49.1 S   114 34 04.9 E

Pasar terapung Banjarmasin – Selama ini kita tahu pasar adalah tempat berkumpulnya orang berjualan dan melakukan transaksi jual beli. Dan biasanya terjadi di darat. bagaimana jika pasar ada diatas sungai? penjualnya bukan punya ilmu sihir sehingga bisa berjualan di atas air, tetapi mereka menggunakan sebuah perahu untuk berjualan. Pasar diatas sungai itu hanya ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar tersebut dinamakan Pasar terapung.  Pasar terapung merupakan pasar tradisional sekaligus salah satu obyek wisata di banjarmasin.

pasar terapung banjarmasin

Pasar tersebut juga pernah menjadi sebuah ikon salah satu tv swasta nasional pada tahun 1998. masih ingatkah kalian pada gambar ini:

pasar terapung

Pasar Terapung di Kalimantan Selatan ini mulai melakukan aktivitas transaksi jual beli pada subuh hingga pukul 10 pagi.  Pasar ini unik transaksi dilakukan di atas perahu, pedagang menawarkan dagangannya dengan mengayuh perahunya ke perahu pembeli. Pembeli pun bisa mendekatkan perahunya ke penjual untuk membeli barang dagangannya. Barang yang ditawarkan pun beragam, mulai dari sayur, lauk pauk, buah- buahan, hingga makanan jadi. Ada suatu perahu yang disulap menjadi warung makan yang menyediakan soto banjar. Wah gimana rasanya makan diatas sebuah warung makan terapung.jalan pasar terapung

Pasar terapung dibanjarmasin ada 2 yaitu : Pasar Terapung Lok Baintan & Pasar Terapung Kuin. Menurut sumber orang sana, pasar terapung kuin lebih ramai daripada yang ada di Lok Baintan. dan juga terancam modernisasi karena transaksi perdagangan tidak seramai dulu. Untuk itu jika anda singgah ke Banjarmasin, jangan lewatkan menjelajah pasar terapung sebagai usaha kita dalam mempertahankan dan mengembangkan pariwisata tanah air kita. Siapkan kamera anda dan selamat menikmati soto banjar di atas perahu.