3 Pantai di Daerah Pacitan Yang Wajib Dikunjungi

Kabupaten Pacitan memang memiliki potensi wisata bahari yang cukup besar. Kabupaten yang terletak di Jawa Timur ini tercatat memiliki 17 lebih daftar pantai di pacitan yang banyak dikunjungi wisatawan. Keindahan pantai pantai di Pacitan memang sudah cukup kesohor, maka tidak heran apabila wisatawan yang datang ke sini bukan hanya wisatawan lokal, banyak wisatawan yang sengaja datang dari luar daerah untuk merasakan keindahan pantainya yang sangat mempesona.

Bahkan banyak juga wisatawan asing yang datang ke wisata pantai di Pacitan untuk surfing, karena memang ada beberapa pantai di pacitan yang dikenal memiliki ombak besar, membuat para penggila surfing terpacu untuk menaklukannya. Diantara begitu banyak wisata pantai di pacitan, kami telah memilih beberapa pantai di pacitan yang wajib anda kunjungi.

Pantai Klayar

Matahari Terbenam Di Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar perupakan pantai unggulan di Pacitan, bahkan bisa dikatakan pantai klayar merupakan ikonnya wisata pacitan. Kalau kita umpamakan pantai klayar ini seperti anyer-nya Serang, atau ujung genteng-nya wisata Sukabumi. Hampir setiap wisatawan yang datang mengunjungi Pacitan pasti memasukan pantai klayar di daftar teratas tempat yang akan mereka kunjungi. Pantai klayar terletak di desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Pacitan. Pantai ini bisa ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 90 menit dari kota Pacitan.

Tak heran apabila pantai ini menjadi ikon wisata Pacitan, karena pantai ini memiliki hamparan pasir putih bersih yang memikat hati, serta air laut jernih berwarna biru, dipadu dengan pemandangan batu karang yang menjulang di beberapa bagian pantai, membuat semua rasa lelah perjalanan 90 menit dari kota Pacitan ke pantai ini serasa terbang dibawa riuhnya angin pantai. Fasilitas di pantai klayar juga sudah sangat lengkap, mulai dari penjual makanan, ATV untuk berkeliling pantai, hingga penginapan pinggir pantai tersedia di tempat ini.

Pantai Banyu Tibo

Gambar Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai di Pacitan yang wajib anda kunjungi lainnya adalah pantai banyu tibo. seperti karakteristik pantai-pantai di pacitan lainnya, pasir putih yang bersih berpadu dengan birunya air laut, ditambah dengan hiasan bebatuan tebing karang, membuat pantai ini sangat layak untuk dikunjungi. Ada satu keunikan dari pantai ini yang membedakannya dengan pantai lain. di Pantai ini terdapat air terjun yang langsung jatuh dan mengalir ke pantai. Air terjun tersebut sangat jernih, bahkan air terjun inilah yang menjadi asal-usul nama pantai ini. Banyu, yang berarti Air, dan Tibo, yang berarti Jatuh.

Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria Di Pacitan

Pantai teleng ria merupakan salah satu pantai yang menjadi Wisata pantai unggulan di Pacitan. Jaraknya yang cukup dekat dari pusat kota, sekitar 3.5 km membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain itu pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih yang sangat luas sepanjang 3 kilo meter! Pantai ini juga memiliki udara yang sejuk layaknya di pegunungan.

Walaupun termasuk pantai selatan, tapi ombak di pantai ini terlalu terlalu besar, tapi tetap saja ada area dimana wisatawan dilarang berenang. Walaupun ombaknya tidak terlalu besar, tapi tidak bisa dibilang kecil juga, karena di tempat ini terdapat banyak wisatawan baik asing maupun lokal yang bermain surfing. bahkan pantai ini menjadi pantai favorit wisatawan bermain surfing, karena selain ombanknya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil, pantai ini juga dekat dengan pusat kota.

Demikianlah pantai di Pacitan yang wajib anda datangi ketika berkunjung ke Pacitan. Tidak kalah menarik dengan pantai tempat wisata di Bali dengan tanah lot nya dan pantai di lombok kan? Apabila anda masih punya cukup banyak waktu, sempatkan untuk datang mendatangi pantai-pantai lainnya yang tidak kalah indah. Selamat berwisata!