Tempat Wisata di Bandung yang Menarik Dikunjungi

Ternyata Tempat wisata di Bandung sangat beragam. Setelah browsing sana sini mencari informasi, memang Bandung terkenal menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Selain karena terletak dekat dengan Jakarta yaitu sekitar 148 km dari ibukota DKI, Bandung juga menawarkan alam yang mendukung. Salah satunya yang wisata alamnya adalah kawah putih ciwidey dan tangkuban perahu. Kota ini disebut juga dengan sebutan kota kembang karena keindahan alam kota ini.

Setelah sebelumnya webwisata.com memberikan artikel info tentang obyek wisata di Indonesia seperti wisata jogja, tempat wisata Malang, dan juga wisata di Makassar. Sebelumnya juga admin telah menulis wisata luar negeri yaitu tentang wisata di Malaysia dan juga Singapore yang menarik. Kali ini akan mencoba menyuguhkan beberapa obyek wisata Bandung yang sering dicari dan dikunjungi oleh wisatawan.

Pesona Bandung memang tak pernah surut menjadi salah satu destinasi wisata idaman para wisatawan. Walaupun kini beberapa titik sering terjadi kemacetan, namun itu tak menyurutkan langkah kita untuk mengelilingi semua tempat wisata yang ada. Semua kategori wisata, mulai dari wisata keluarga, wisata alam, wisata adventure, hingga wisata kuliner dan belanja semua ada di Kota yang berada di Jawa Barat ini. Berikut daftar lengkap tempat wisata Bandung yang wajib kalian kunjungi.

Wisata Keluarga di Bandung

Rekreasi sendiri tentu kurang lengkap rasanya tanpa mengajak keluarga terutama putra dan putri kita yang sudah setiap hari berkutat dengan pelajaran di sekolah. Tak ada salahnya kita menghibur mereka dengan mengajak jalan jalan di salah satu tempat wisata keluarga di Bandung ini:

Museum Geologi Bandung

wisata museum geologi bandung

Fosil Binatang Purba di Museum Geologi

Di Museum Geologi ini, selain rekreasi, kita dan keluarga akan mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah masa lalu terutama masalah alam. Museum yang buka pada jam 09.00 – 15.30 pada hari Senin sampai Kamis, dan jam 09.00 – 13.30 pada hari Sabtu dan Minggu ini akan menyajikan berbagai koleksinya seperti fosil manusia purba, dinosaurus. Selain itu terdapat berbagai info mengenai sejarah terbentuknya fosil, batu bara, serta berbagai jenis batuan yang ada di Indonesia. Info lainnya pun masih banyak yang dapat kalian temukan disini.

Museum ini terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57,yang sangat dekat dengan Gedung sate. Harga tiket masuk sebesar Rp.2.000 untuk pelajar, Rp.3.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp.10.000 untuk wisatawan asing tentu akan menjadikan liburan kita lebih hemat namun sarat pengetahuan.

Trans Studio Bandung

Trans studio bandung

Merupakan sebuah indoor theme park yang dibangun oleh Trans Corp. Sangat cocok bagi kita bersama keluarga untuk mengunjungi wisata Bandung satu ini karena di dalam arena theme park ini berada di dalam sebuah gedung yang menyatu dengan trans studio Mall sehingga kita tidak akan kepanasan. Selain itu juga terdapat beberapa wahana yang akan menguji nyali dan menambah wawasan kita seperti dunia lain, yamaha Racing coaster, giant swing, vertigo, Trans Science Center dan masih banyak wahana lainnya. Dengan harga masuk Rp 170.000  untuk hari Senin – Jumat dan Rp 270.000,00 Sabtu – Minggu/ hari libur, keluarga kita tak akan kecewa masuk kesana.

Saung Angklung Udjo

saung angklung udjo wisata bandung

saung angklung udjo wisata bandung

Bertempat di Jalan Padasuka Nomor 118, Saung Angklung Udjo ini akan memberikan pengetahuan tentang angklung, alat musik tradisional khas sunda. Pada jam 15.30- 17.30 akan diadakan pertunjukan seni yang akan selalu anda kenang. Dimana pertunjukan itu tak hanya angklung saja, melainkan juga tari tarian dan wayang golek. Selain itu kalian juga bisa mengikuti program Setengah Hari atau Sehari di sini. Di dalam program tersebut, peserta akan diajak berkeliling saung, dibimbing untuk memainkan angklung, menyaksikan pertunjukkan, dan bersantap khas Sunda di taman belakang. Dengan harga tiket masuk  untuk dewasa: Rp. 60.000 (lokal), Rp. 100.000 (wisman) dan pelajar Rp.40.000 (lokal), Rp.. 60.000 (wisman) akan menjadikan kita lebih mengenal budaya Indonesia.

Kebun Binatang Bandung

kebun binatang bandung

jepretan di kebun binatang bandung

Sebuah kebun binatang yang terletak dekat dengan kampus Institut Teknologi Bandung ini, tepatnya di Jalan kebun binatang no.6 ini menjadi daya tarik wisata keluarga yang terjangkau bagi yang ingin menikmati liburan di Bandung. Bermacam hewan langka ada disini. Selain itu juga ada koleksi tanaman yang menambah kesejukan udara dan juga taman bermain seperti flying fox dan kolam perahu yang akan melengkapi liburan di kebun binatang ini.

Wisata Alam di Bandung

Bandung, memang daerah yang lengkap akan obyek wisata, salah satunya alam yang indah. Beragam obyek wisata bernuansa alam hadir disini. Terutama di kawasan Bandung Selatan. Pegunungan, kawah, kolam air panas serta goa tersebar. Selain itu juga terdapat wisata buatan yang bernuansa alam. Berikut sedikit obyek wisata alam favorit di daerah Bandung.

Wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung

Kawah Putih Bandung Selatan

Tempat wisata yang terletak di Jalan Raya Soreang Ciwidey KM 25 berlokasi tidak jauh dari Situ Patenggang ini layak dkunjungi karena sangat mempesona pemandangannya. Kawah putih Ciwidey ini buka mulai pukul 07.00 sampai pukul 05.00 sore. Sangat cocok bagi yang ingin menjadikan pemandangan di sini sebagai background foto prewedding atau sekedar menyalurkan hobi dan melepas penat. Dengan harga tiket masuk cuma Rp. 15.000/orang tentu akan menjadikan foto kita lebih cantik dengan pemandangan kawah putih ini.

Tangkuban Perahu

tangkuban perahu Wisata Bandung

Tangkuban perahu atau dalam bahasa sunda lebih diucapkan dengan nama tangkuban perahu merupakan destinasi wisata yang seru bagi wisatawan. Disuguhkan dengan pemandangan yang indah dan juga suasana yang adem dan sejuk membuat tempat ini menjadi favorit bagi warga ibukota untuk menghabiskan liburan. Puncak tangkuban perahu sangat cocok bagi yang ingin menyalurkan hobi fotografi. Kawasan wisata dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. dan juga telah tersedia beberapa fasilitas penunjang dan toko souvenir.

Tebing Keraton

foto tebing keraton oleh user instagram

foto tebing keraton oleh user instagram

Obyek wisata yang lagi hits di Bandung ini memiliki arti “Kemegahan Alam” ini beralamat di Jalan Bukit Pakar Timur, kawasan Dago Atas. Disini kita akan disuguhkan pemandangan hamparan pepohonan hijau Taman Hutan Ir. H. Juanda dari atas bukit. Jika kalian kesana pada pagi hari, kalian bisa menikmati keindahan alam itu dipadu dengan dingin dan sejuknya udara disana yang kadang berkabut. Apalagi ditambah pemandangan sunrise atau sunset. Dijamin gak akan terlupakan. Dengan biaya masuk Rp. 11.000/orang (belum termasuk parkir) dan biaya lainnya, tak akan menyesal berada disini.

Situ Patenggang

Situ Patenggang Wisata Bandung Selatan

Lokasi wisata yang tak jauh dari kawah putih ini sering disebut situ patenggan/ situ patenggang. Situ atau danau ini menawarkan keindahan alam yang tiada duanya. Situ patenggang ini memiliki luas total sekitar 45.000 hektar, dan berjarak hanya 7 km dari kawah putih. Kita bisa mencoba berbagai wahana yang ada seperti keliling danau menggunakan perahu bebek, memancing atau sekedar menikmati hamparan indahnya danau. Dengan tiket masuk Rp 18.000,00 (weekday) dan Rp 20.500,00 (weekend) cukup terjangkau untuk menikmati keindahan alam sang pencipta.

Pemandian Air Panas

Pemandian Air Panas Cimanggu Bandung

Terdapat 2 pemandian air panas di Bandung yang terkenal yaitu pemandian air panas Cimanggu, dan pemandian air panas Ciwalini. Pemandian Ciwalini  adalah salah satu bagian dari Agrowisata Rancabali, sehingga tempat ini juga menghadirkan perkebunan teh Walini dan juga wahana seperti flying fox, dan ATV untuk pengunjung. Tiket masuk Rp 20.000,00 dengan biaya tambahan Rp 5.000,00 untuk kolam khusus.  Di kedua tempat pemandian air panas ini anda dapat memanjakan tubuh dengan berenang/berendam di kolam air panas yang berasal dari pegunungan, alami.

Wisata Kuliner dan Belanja

Di Bandung memang terkenal dengan surga belanja produk produk yang murah namun tidak murahan. Berikut beberapa obyek wisata belanja di Kota Kembang.

Cihampelas Walk

ciwalk wisata belanja bandung

Tempat wisata di Bandung ini lebih dikenal dengan sebutan Ciwalk. Merupakan salah satu surga wisata belanja di Bandung. Dengan konsep green dan terbuka, mall satu ini memiliki keunikan sendiri berbeda dengan mall kebanyakan. Disini kita bisa berwisata belanja sambil menghirup udara yang segar di tengah kota. Modern, bersih dan hijau itulah yang kan kita dapatkan di sini. Ciwalk berada di Jl. Cihampelas 160 Bandung , Jawa Barat.

Floating Market Lembang

Wisata Floating Market Lembang Bandung

Pasar Terapung Lembang salah satu tujuan wisata di Bandung

Sudah dapat ditebak, dengan nama floating seperti pada gambar yang ada dibawah judul diatas kita akan terbayang pasar terapung Banjarmasin, namun berbeda dengan yang ada di Banjarmasin yang ada di sungai, di Lembang Bandung ini floating market ini merupakan kawasan wisata modern yang dibangun di kawasan danau situ umar. Selain pasar terapung yang sengaja dibuat dan berbagai kuliner, disini kita akan disuguhi beberapa wahana yang menarik seperti memberi makan angsa dan ikan, ATV, taman kelinci, panen sayur, petik strawberry.

Paris Van Java

paris van java mall bandung

paris van java mall bandung

 

Salah satu mall terlengkap yang ada di Bandung. Terletak di jalan sukajadi No 137-139, mall ini dikonsep outdoor atau open air,sehingga ketika kita berkunjung ke mall, akan merasakan kesejukan udara alami, dan tentunya pemandangan pohon nan hijau di tengah kota yang dihiasi dengan sejumlah burung merpati hias yang dibiarkan hidup bebas. Untuk lebih lengkapnya baca di 7 Objek Wisata Belanja Di Bandung Yang Wajib Dikunjungi

Itulah sedikit info tempat wisata di Bandung favorit yang dapat kita sampaikan. Selain wisata diatas ada destinasi menarik lain yaitu kampung Gajah, Menurutmu selain destinasi diatas apa wisata bandung favorit kalian? atau selain kelima diatas punya tempat wisata yang menarik sendiri? Coba share dengan memberikan komentar dibawah