Liburan Ke Tempat Wisata di Garut Yang Menyenangkan

Gak hanya wisata Bandung yang menarik di Jawa Barat. Kota lain yang ada di provinsi ini pun cukup layak untuk dikunjungi sebut saja wisata alam Cirebon yang memiliki Situ Sedong. Ada banyak tempat wisata di Garut yang bisa dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan Anda. Kota yang terkenal dengan Dodol Garut dan juga produsen jaket kulit ini memang punya puluhan tempat yang asyik. Jika Anda sedang berkunjung ke sana, tidak ada salahnya mampir ke tempat wisata yang kami hadirkan berikut ini.

Daftar Tempat Wisata di Garut : Sejarah, Pantai, Adventure

Tempat Wisata Sejarah dan Budaya di Garut

Berwisata ke sebuah kota biasanya akan lebih menyenangkan jika mengenal sejarah dan budaya kota itu terlebih dahulu. Di Garut ada 3 tempat wisata yang bisa dikunjungi. Pertama Kampung Dukuh. Kampung ini adalah kampung adat. Jika Anda memang sedang tertarik dengan adat di Garut mungkin bisa berkunjung dan belajar di sini. Ada beberapa hari penting yang dijadikan sebagai perayaan. Di antaranya adalah Rebo Welasan atau hari terakhir bulan Shafar. Di hari ini, semua sumber air yang dipakai warga diberikan jimat untuk penolak balak.

Kedua Makam Jafar umat Sidik. Di sini Anda bisa berziarah dan belajar sejarah tentang penyebaran agama Islam. Ketiga Makam Keramat Godog. Di makam ini juga merupakan tempat ziarah dan belajar sejarah islam. Umumnya, ziarah dilakukan pada hari raya idul fitri.

Tempat Wisata Air dan Pantai di Garut

1. Wisata Pantai

Ada banyak pantai wisata di Garut dengan panorama yang indah. Beberapa pantai ini adalah pantai Santolo, Rancabuaya, Cijeruk Indah, Karang Paranje, Puncak Guha, Sayang Heulang. Yang paling terkenal adalah pantai Santolo. Dengan pesona pasir putih yang indah dan karang serta biota laut. Juga ada olahraga air dan fasilitas yang lengkap termasuk hotel dan restoran. Gak kalah menarik dengan pantai di Jogja

2. Wisata Air Terjun

Ada 3 jenis wisata air yang tersedia di Garut. Pertama adalah Pemandian Air Panas Cipanas. Disini Anda bisa menikmati pemandian air hangat alami dari pegunungan. Kedua air terjun atau curug. Ada sekitar 4 air terjun yang masing-masing punya keunikan tersendiri. Curug ini adalah curug Cihanyawar, Orok, Citiis, Sanghyang Taraje. Khusus yang terakhir merupakan air terjun kembar.

3. Wisata Danau, Situ dan Kawah

Pertama situ Cangkuang. Kawasan ini memiliki danau dan juga candi hindu kuno yaitu candi Cangkuang warisan kerajaan Sunda Galuh. Kedua Danau Bagendit. Selain menikmati pemandangan danau, Anda juga bisa menikmati taman rekreasi dan permainan air. Situ Bagendit adalah yang paling terkenal di Garut. Ketiga Kawah Putih Talaga Bodas. Kawah ini berada di kawasan gunung Talaga Bodas.

Tempat Wisata Adventure di Garut

Setelah puas menikmati wisata di Garut dengan tema sejarah dan air, Anda bisa mengikuti olahraga ekstrim yang ada di Garut. Pertama adalah Arung Jeram Sungai Cimanuk dan Arung Jeram Sungai Cikandi. Kedua tempat ini menawarkan wisata arung jeram yang seru dan mendebarkan. Lalu Kedua Paragliding, terbang layang, dan traking di Gunung Haruman. Anda bisa menikmati panorama Garut dari udara. Pemandangan dari atas dapat menyegarkan mata kita, gak kalah dengan Bromo hehe

Cukup menarik bukan? jika anda adalah warga ibukota yang bosan dengan wisata jakarta yang itu itu saja. Saatnya menikmati obyek wisata Garut. Kunjungi juga artikel tentang wisata Jogja, wisata murah Bali dan wisata lain yang ada di webwisata.com. Selamat berlibur.