Garuda Wisnu Kencana, Ikon Pariwisata Bali Masa Depan

Setelah membahas tentang wisata di Bandung Selatan, kini webwisata.com sedikit memberi informasi salah satu obyek wisata di Bali yaitu Garuda wisnu kencana yang merupakan sebuah mega proyek yang sangat besar, dengan rencana total luas lahan sekitar 250 hektar. Garuda wisnu kencana sejatinya merupakan sebuah taman budaya serta taman wisata di Bali, dan memiliki nama resmi Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Wisnu Kencana Cultural Park). Tapi wisatawan sering menyingkat tempat ini menjadi Garuda Wisnu Kencana. Bahkan bagi sebagian orang nama Garuda Wisnu Kencana masih terlalu panjang, maka jadilah sebutan yang lebih singkat lagi dan terkenal di kalangan wisatawan serta penduduk lokal, yaitu GWK.

Lokasi Taman budaya garuda wisnu kencana terletak sekitar 40 km sebelah selatan kota Denpasar, tepatnya di bukit Unggasan, Jibaran, Tanjung Nusa Dua, Badung. Posisinya yang berada diatas ketinggian 263 meter diatas permukaan air laut, dan terletak di dataran tinggi batu kapur, membuat anda dapat menikmati panorama yang sangat memukau di tempat ini. Anda dapat melihat pemandangan tempat-tempat wisata yang terletak di pesisir Bali bagian selatan.

Di tempat ini sedang dibangun sebuah patung yang digadang-gadang akan menjadi patung tertinggi di dunia dan mengalahkan tingginya patung liberty. Patung tersebut merupakan patung dewa wisnu yang sedang mengendarai garuda, dan direncanakan akan memiliki ketinggian 126 meter. Bandingkan dengan ketinggian patung liberty yang hanya 93 meter.

Selain memiliki ketinggian 126 meter, patung ini juga direncanakan memiliki lebar sayap garuda hingga 66 meter. Bisa anda bayangkan bagaimana besarnya burung garuda tersebut. Orang-orang sekitar serta para wisatawan mengenal patung ini dengan nama patung garuda wisnu kencana, karena memang ada dewa wisnu yang sedang menunggangi garuda.

Hanya saja, areal wisata di Bali kini pembangunannya masih belum rampung. Tercatat baru sekitar 100 hektar lahan yang dibebaskan dan dijadikan area wisata serta taman budaya, sisanya yang 150 hektar lagi masih berupa lahan yang masih belum dibebaskan. Untuk patung garuda wisnu kencana sendiri masih belum rampung sepenuhnya, baru ada patung berupa setengah badan dewa wisnu, tangan dewa wisnu, serta kepala burung garuda.  Ketika pembangunnanya telah selesai, patung ini dapat terlihat dari jarak 20 km. Maka walaupun anda berada di Sanur, Nusa dua, Kuta, maupun tanah lot, patung ini masih dapat terlihat dengan gagah.

Tapi walaupun baru hanya rampung sebagian kecil dari seluruh rencana pembangunan patung ini, dijamin anda akan terkagum-kagum dengan keindahan patung ini serta ukurannya yang sangat besar. Untuk ukuran kuping burung garudanya saja sudah melebihi ukuran tubuh manusia, bisa anda bayangkan bagaimana besarnya ukuran tangan serta setengah badan dewa wisnu. Patung ini merupakan karya seorang pematung Bali yang sangat terkenal, yaitu I Nyoman Nuarta.

Tiket Masuk Serta Aktifitas Wisata di Garuda Wisnu Kencana

Untuk dapat masuk ke taman budaya ini akan dikenakan tiket masuk garuda wisnu kencana sebesar Rp.50.000 untuk orang dewasa, serta Rp.40.000 untuk anak-anak dan pelajar. Taman budaya ini dibuka sejak pukul 08.00 pagi hingga pukul 22.00. Dengan berwisata ke tempat ini anda dapat melakukan berbagai kegiatan. Selain dapat melihat patung dewa wisnu yang sangat besar, serta patung-patung dan relief pedukung lainnya yang tidak kalah eksotis, anda juga dapat menonton pertunjukan tari kecak. Yup, di garuda wisnu kencana selalu ada pertunjukan tari kecak setiap hari! Yaitu dari pukul 18.00 sampai 19.00.

Selain tari kecak, di obyek wisata ini juga selalu ada penampilan barong ngelawang, joged bumbung, tari barong dan kris, serta musik rindik. Anda juga dapat melakukan aktifitas lain seperti outbound, segway fun ride, art and cultural package, maupun fun ride and adventure. Tentu dengan banyaknya suguhan pertunjukan serta banyaknya pilihan aktifitas di tempat ini, maka sangat sebanding dengan biaya tiket masuk yang harus dikeluarkan, bahkan bisa dibilang sudah sangat murah. Jadi, kapan anda akan berkunjung ke Garuda Wisnu Kencana yang menjadi salah satu tempat wisata murah di Bali ini?. Gak kalah kan dengan Phuket atau Pattaya di Thailand bahkan Singapore.