Daftar Tempat Wisata di Makassar Sulawesi Selatan

Kota Makassar yang menjadi ibukota provinsi dari Provinsi Sulawesi Selatan ini termasuk kota besar yang ada di Indonesia. Kota dengan luas wilayah sekitar 175,77 km persegi ini memiliki jumlah penduduk sekitar 1,4 juta jiwa. Siapa yang tidak tahu Coto makassar atau Es Pisang ijo yang enak itu? Ya, itu adalah makanan khas dari Makassar. Namun kali ini kita akan membahas obyek wisata yang ada di Makassar.

tempat wisata makassar

Aneka ragam tempat wisata yang dapat dikunjungi dapat menjadi alternatif bagi yang bosan dengan tempat wisata di Jawa seperti Wisata Solo, Jogja, Semarang, Malang dan sebagainya. Berikut Obyek wisata di Makassar yang admin kumpulkan dari berbagai sumber :

Pantai Losari 

Seperti Tugu Jogja yang menjadi ikon kota Jogja, Pantai ini juga simbol / ikon Kota Makassar. Lokasi pantai ini terletak di Jantung Kota Makasar, yaitu di Jalan Penghibur sebelah barat Kota Makassar. Di sekitar pantai, kita akan menemukan deretan warung warung / kafe yang menawarkan berbagai macam makanan laut yang masih segar. Selain makanan laut, kita juga dapat menemukan aneka kuliner khas kota makassar seperti pisang epek, es pisang ijo, coto Makassar, sop konro, dan lain sebagainya. Jika ingin menginap di dekat pantai, di sekitar tempat wisata di makassar ini juga terdapat hotel berbintang maupun hotel melati. Disini juga kita akan menjumpai pusat perbelanjaan emas dan kerajinan khas makassar yang bisa kita jadikan oleh oleh untuk keluarga.

Fort Rotterdam

Merupakan sebuah bangunan berbentuk Benteng yang dibangaun pada masa kolonial Belanda. Fort Rotterdam dahulu dibangun oleh Raja Gowa X yang semula dinamakan dengan Benteng Ujung Pandang.  Namun sekarang Benteng ini menjadi pusat kebudayaan dan seni. Didalam Fort Rotterdam terdapat beberapa ruang yang memamerkan koleksi prasejarah, numismatic, naskah, sejarah, etnografi dan lainnya. Terdapat juga ruang tahanan yang dahulu digunakan untuk menahan Pangeran Diponegoro.

Pulau Samalona

Masih masuk dalam wilayah Kota Makassar, pulau ini mempunyai luas hanya 2,34 hektar. Merupakan wisata Bahari Kota Makassar yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan lokal.  Dapat ditempuh selama 20 samapi 30 menit dari Kota Makassar dengan menggunakan perahu boot. Di pulau ini kita dapat menyelam dan akan menemukan berbagai biota laut dan karang yang indah. Terdapat juga warung yang menjajakan seafood segar untuk disantap.

Trans Studio Makassar

Seperti halmnya di Bandung, Trans Studio Makassr ini juga menyuguhkan wahana permaianan yang menegangkan sekaligus menghibur di indoor. Tempat wisata ini  terletak di Kawasan Terpadu Trans Studio, JL Metro Tanjung Bunga, Makassar. Luasnya mencapai 2,7 hektar dengan 21 wahana yang seru dan beragam. Wahana yang ada di Trans Studio Makassar ini antara lain Magic Thunder Coaster, Rumah Hantu Dunia Lain, Giant Swing, Science Center, dan Yamaha House of Fun. Akan sengat menyenagkan bila mengajak keluarga liburan ke Trans Studio Makassar.

Selain obyek wisata diatas, terdapat juga berbagai macam wisata yang lain yang ada di Makassar yaitu :

  1. Pantai Akarena
  2. Pulau Laelae
  3. Pulau Khayangan
  4. Benteng Sombaopu
  5. Pantai Barombong
  6. Makam Raja-Raja Tallo
  7. Makam Sjekh Jusuf (Gowa)
  8. Pelabuhan Paotere
  9. Taman Makam Pahlawan
  10. Bantimurung, (Kabupaten Maros)
  11. Malino, (Kabupaten Gowa)
  12. Desa wisata Delta Lakkang

JAdi masih bingung saat menginjak ke Sulawesi. Jangan khawatir, jika kalian punya waktu lebih coba deh keliling Tempat Wisata Di Sulawesi Yang Terkenal Ke Seluruh Dunia

Itulah sedikit info mengenai obyek tempat wisata yang ada di Makassar. Semoga bermanfaat bagi yang ingin berlibur ke Sulawesi Selatan.