Daftar Tempat Wisata Di Magelang

Tempat wisata di magelang cukup menarik untuk dikunjungi, selain memiliki belasan candi yang sangat menarik, juga memiliki tempat-tempat wisata alam yang sayang kalau anda lewatkan. Magelang terletak di Jawa Tengah, tidak banyak orang yang tahu kalau magelang sebenarnya bukan hanya nama sebuah kabupaten, tapi juga nama sebuah kota. Jadi di jawa tengah itu ada kabupaten Magelang dan juga Kota Magelang. Kota Magelang terletak di tengah kabupaten Magelang. Awalnya kota Magelang ini merupakan ibukota dari kabupaten Magelang, hingga pada akhirnya menjadi sebuah kota dengan pemerintahan sendiri. Mungkin kalau di Jawa Timur itu seperti Malang dan Batu.

Magelang memiliki tempat wisata yang cukup menarik untuk di kunjungi, bahkan tempat wisata di Magelang ada yang sudah terkenal ke seluruh dunia. Mungkin banyak diantara anda serta wisatawan lain yang tidak tahu kalau sebenarnya Candi Borobudur secara administratif terletak di wilayah magelang. Yup, di magelang, bukan merupakan wisata jogja. Bahkan untuk urusan wisata candi, Magelang memiliki 11 candi lain yang menjadi tempat wisata di Magelang dan banyak dikunjungi wisatawan. Selain wisata situs sejarah, magelang juga memiliki tempat wisata lain, seperti wisata alam, maupun wisata belanja. Berikut Uraian selengkapnya:

Air Terjun Sekar Langit

Bagi anda pecinta wisata alam, air terjun sekar langit ini merupakan tempat rekreasi magelang yang layak anda kunjungi. Suasana air yang jernih, hawa pegunungan yang sejuk, serta pemandangan alam yang menentramkan hati  dijamin daman membuat pikiran anda sejenak melupakan semua beban pekerjaan anda sehari-hari. Air terjun ini memiliki ketinggian air sekitar 30 meter, yang tentunya cukup tinggi untuk sebuah air terjun. Tiket masuk air terjun sekar langit terhitung sangat murah. Untuk kendaraan roda dua anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.2000, sementara untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp.3000.

Alun-alun Kota Magelang

Salah satu tempat yang biasanya wajib dikunjungi oleh wisatawan ketika berkunjung ke sebuah kota adalah alun-alun kota. Yup, di alun-alun kota magelang ini kamu dapat melakukan banyak hal, mulai dari melihat dan merasakan suasana kota magelang, wisata kuliner, hingga nongkrong-nongrong sambil mencari teman baru. Dari alun-alun ini tentu anda dapat melanjutkan wisata ke tempat wisata di magelang lainnya, karena letak alun-alun ini sangat strategis dan dilalui banyak kendaraan umum.

Bukit Tidar

Apabila anda penasaran ingin melihat magelang dari ketinggian, anda harus mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Di bukit tidar udaranya sangat sejuk, karena di tempat ini banyak ditumbuhi pohon-pohon rindang seperti layaknya pegunungan. Di bukit tidar terdapat tempat ziarah serta petilasan tokoh agam magelang pada zaman dulu, dan yang paling terkenal serta sering dikunjungi banyak orang adalah petilasan Syekh Subakir dari Persia yang dulu menyebarkan agama islam di Jawa tengah.

Wisata Belanja di Pecinan

Bagi anda penyuka belanja, ketika berkunjung ke Magelang wajib datang ke pecinan yang terletak di jalan pemuda. Pecinan ini merupakan pusat niaga di Magelang, maka tak heran apabila banyak orang yang menyebut pecinan sebagai malioboro nya magelang.

Tempat Wisata Alam

Selain Air terjun sekar langit seperti yang telah diulas di atas, tempat wisata alam di magelang juga sebenarnya masih banyak, antara lain: curug silawe, gardu pandan babadan, pemandian air panas candi umbul, kali progo, kali elo, gardu pandang ketep pass, air terjun kedung kayang, hingga losari coffe plantation.

Tempat Wisata Candi

Seperti telah dijelaskan diatas bahwa wisata candi di magelang sangat banyak, kalu ditotal jumlahnya hingga belasan, candi-candi tersebut antara lain: Candi borobudur, candi ngawe, candi canggal, candi mendut, candi pawon, candi selo griyo, candi lumbung, candi gunung sari, candi asu, hingga candi pendem.

Itulah beberapa tempat wisata di Magelang yang menunggu untuk kita kunjungi. Apabila anda punya urusan yang membuat anda sering berkunjung ke Magelang, sempatkanlah untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut. Kalu masih ada waktu kita bisa mencoba ke tempat wisata di Semarang yang hanya ditempuh sekitar 3 jam dari magelang. Selain dapat menyegarkan otak, tentu juga akan menjadi kepuasan tersendiri. Selamat berwisata.