6 Tempat Wisata Di Banjarmasin Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Kota Banjarmasin sebuah kota di Pulau Kalimantan ini terkenal sebagai kota seribu sungai, dengan  banyaknya sungai besar dan kecil yag meliuk di seluruh kawasan kota. Itu bisa dikatakan sebagai sebuah pesona khas dari kota Banjarmasin. Tetapi adakah pesona lain  sebagai objek tempat wisata di Banjarmasin yang layak menjadi destinasi perjalanan Anda dan keluarga?

Ternyata di kota Banjarmasin ini tersedia beberapa destinasi tujuan wisata yang menyuguhkan pesona memikat dari kota Banjarmasin dari segala sudut. Mari simak webwisata.com tentang apa saja wisata yang disuguhkan Kota ini daan daerah sekitarnya tersebut:

  1. Taman Siring dan Jalan Pos
    Sungai Martapura adalah salah satu sungai terbesar yang membelah kota Banjarmasin. Yang menarik, ditepian sungai ini terdapat dua area yang kini menjadi pusat tongkrongan penduduk lokal di kota ini, juga kerap dikunjungi wisatawan dari luar Banjarmasin. Salah satunya bernama taman Siring, taman ini saat ini kerap menjadi pusat aktivitas kalangan muda di sore hari. Sembari menikmati pesona sungai Martapura dan suasana sejuk sore hari. Anda bisa mencicipi beberapa kuliner yang banyak dijajakan oleh warung-warung di sekitar taman. Area kedua adalah jalan Pos yang menjadi pusat untuk menjajakan kuliner khas Kalimantan. Banyak pengunjung yang menyukai menjajal wisata kuliner di lokasi ini sembari melepaskan pandangan ke sepanjang sungai Martapura.
  2. Pasar Terapung
    pasar terapung lok Baintan Banjarmasin
    Pasar terapung memang menjadi salah satu ciri khas dari kota Banjarmasin. Pasar ini menjajakan aneka sayuran dan aneka jajanan pasar tak ubahnya dengan pasar tradisional yang biasa Anda kunjungi. Yang menarik pasar ini dijalanka di atas air dengan warung-warung berbentuk perahu. Untuk Anda yang penasaran menjajal ikutan bertransaksi di pasar terapung ini bisa mengunjungi salah satu pasar terapung terpopuler di kota ini, tepatnya di sudut muara sungai Barito, kawasan Kuin Utara. Sebaiknya Anda datang lebih awal sekitar pukul 5 waktu setempat kalau tidak ingin ketinggalan keramaian khas pasar terapung legendaries yang konon sudah berjalan selama lebih dari 400 tahun.
  3. Museum Wasaka
    Museum yang menjadi pusat pameran beragam budaya dan karya seni khas Banjarmasin dan perjalanan sejarah kota Banjarmasin ini sebenarnya bernama Waja Sampai Kaputing yang kemudian disebut Wasaka. Berlokasi di Jalan H. Andir, Kampung Kenang Ulu, Banjarmasin Utara, bangunan berbentuk ruah khas gaya Banjarmasin ini menyimpan beragam senjata khas peninggalan tokoh-tokoh besar Banjarmasin, pakaian tradisional, karya seni, kain tradisional, seragam perjuangan sampai beragam teknologi masa lalu. Di museum ini juga disimpan teks penyatuan wilayah Kalimantan ke dalam NKRI pada tanggal 17 mei 1949.
  4. Pulau Kembang
    Pulau eksotis yang sarat dengan nuansa tropis ini berada di sebuah delta sungai Barito. Pulau kecil ini kini dipadati tanaman hijau khas rawa-rawa dengan menjadi rumah tinggal monyet ekor panjang yang menguasai pulau. Konon pulau ini adalah kerajaan kera dengan seekor kera besar sebagai pemimpinnya. Kera-kera ini sebenarnya cukup jinak meski sedikit usil, itu sebabnya disarankan untuk membawa makanan kecil untuk mereka sebagai pengalih perhatian. Di pulau kecil ini juga terdapat sebuah kulit bertema kera yang juga menjadi pusat peribadatan kalangan Tionghoa.
  5. Wisata Religi masjid
    Jika di Semarang terdapat Masjid Agung Jawa Tengah, di Kota ini terdapat dua buah masjid besar di kota Banjarmasin yang layak Anda kunjungi. Pertama adalah masjid Sultan Suriansyah, sebuah rumah ibadah peninggalan kerajaan Banjarmasin. Masjid ini masih menampilkan bangunan dengan gaya khas rumah panggung gaya Banjarmasin dan ini justru menjadikannya daya tarik tersendiri. Selain itu juga terdapat sebuah masjid modern yang memuat setidaknya 15 ribu umat. Masjid Sabilal Muhtadin adalah masjid berusia lebih dari 30 tahun yang menjadi pusat aktivitas muslim di kota ini.
  6. Pasar Intan Martapura
    salah satu toko di pasar Intan Martapura
    Jangan lupa untuk mencari oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat di kota asal. Jadi kalau Anda menyudahi perjalanan Anda di kota Banjarmasin ini, jangan lupa singgah ke pasar Intan ditepian sungai Martapura. Sebuah pasar yang menjadi pusat penjualan batu hias khas Kalimantan yang sekarang lagi booming ini yaitu batu akik. Pasar ini sudah terkenal sejak puluhan tahun dan kerap dikunjungi penggemar batuan hias dari berbagai penjuru dunia. Anda bisa memuaskan diri mencari batuan hias baik yang sudah diikat dalam cincin atau leontin hingga yang dibuat khusus menjadi souvenir hiasan ruangan.

Itu tadi beberapa destinasi wisata yang bisa Anda sambangi ketika Anda bertandang ke kota Banjarmasin. Rupanya kota ini tak melulu soal sungai saja kan? dan Juga tak kalah dengan wisata di Pulau Jawa seperti di Semarang ataupun Jogja. Jadi kapan Anda merencanakan berkunjung ke Banjarmasin dan menjejakan kaki Anda di berbagai tempat wisata di Banjarmasin?. Rencanakan dengan melihat Kalender 2015 yang menampilkan hari liburnya.