5 Wisata Goa Unik Di Pacitan Yang Terkenal Dengan Keindahannya

Wisata Goa Di Pacitan – Pacitan merupakan salah satu kota yang terkenal dengan keindahan goanya. Jumlah gua yang menjadi obyek wisata di Pacitan sangatlah banyak, sehingga kota ini sampai mendapat julukan kota Seribu Goa. Keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam goa-goa tersebut menjadikan Pacitan sebagai salah satu kota yang menjadi target para wisatawan.

Goa yang ada di kota Pacitan tidak hanya terkenal di dalam kota saja, namun juga sampai terdengar ke luar kota. Namun jika anda sama sekali tidak tahu mengenai goa-goa di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi, sebaiknya anda menyimak artikel ini sampai habis. Berikut merupakan daftar tempat wisata goa di Pacitan yang menarik untuk dikunjungi versi webwisata.com.

Wisata Goa Di Pacitan Yang Terkenal

  1. Goa Gong
cantiknya lampu warna warni goa gong di Pacitan

cantiknya lampu warna warni goa gong di Pacitan

Goa ini merupakan goa yang paling terkenal di Pacitan, bahkan di Indonesia. Goa ini sangat indah dan menarik. Bahkan karena keindahannya, banyak orang yang mengatakan bahwa goa ini merupakan goa yang paling indah di wilayah Asia tenggara. Panjang goa ini mencapai 300 meter dan di dalamnya terdapat banyak sekali lampu yang menerangi jalan di seluruh goa. Di dalam goa ini, dibangun trotoar khusus dengan anak tangga yang dapat memudahkan anda untuk melewati goa ini. Selain itu, terdapat pula pagar pembatas sehingga membuat goa ini menjadi aman untuk dikunjungi.

  1. Goa Tabuhan
Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Goa Tabuhan Pacitan Jawa Timur

Goa ini diberi nama Tabuhan karena banyak warga yang memukul stalaktit sehingga memunculkan suara mirip gamelan. Goa ini terletak di Desa Tabuhan dan sudah lama dikunjungi oleh para wisatawan sejak tahun 1998. Goa ini memiliki keunikan yang tidak akan anda temui di goa lainya. Stalaktit dengan pemandangan seperti gigi taring banyak memenuhi goa ini. Pemandangan seperti ini bahkan sudah dapat anda lihat dari luar goa.

  1. Goa Song Terus
Goa Song Terus di Pacitan

Goa Song Terus di Pacitan

Wisata goa di Pacitan Selanjutnya adalah Goa Song Terus. Goa ini berada di Desa Mendolo dan merupakan salah satu situs purbakala. Goa ini diyakini pernah digunakan sebagai tempat tinggal oleh manusia purba. Oleh karena itu, sampai sekarang banyak arkeolog yang datang langsung ke tempat ini untuk mencati tahu informasi mengenai manusia prasejarah di goa ini.

  1. Goa Kalak
Goa Kalak di Pacitan Jawa TImur

Goa Kalak di Pacitan Jawa TImur

Tempat wisata ini berada tidak jauh dari Goa Song Terus karena jarak antara keduanya hanya 3 km. Goa ini lebih dulu ditemukan dibandingkan Goa Song Terus. Keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di dalam goa ini akan membuat orang yang masuk ke dalamnya terpukau. Selain itu, ditempat ini juga pernah ditemukan fosil manusia purba. Hal ini menjadi bukti yang semakin kuat, bahwa dulunya Kota Pacitan pernah dijadikan tempat tinggal oleh manusia prasejarah.

  1. Goa Putri

Wisata goa di Pacitan yang terakhir adalah Goa Putri. Walaupun tempat ini tidak seramai dan sepopuler Goa Gong Terus, namun tempat ini juga layak untuk anda kunjungi. Hal ini dikarenakan tempat ini menyajikan keindahan stalaktit dan stalakmit yang begitu indah yang tidak perlu dilihat menggunakan headlamp karena sudah ada lampu yang terpasang di tempat ini.

Itulah 5 wisata goa di Pacitan yang memiliki keunikan dan layak untuk anda kunjungi saat anda wisata di Jawa Timur. Jika anda ingin menikmati wisata goa, maka sebaiknya anda datang ke kota ini karena Pacitan adalah pilihan yang paling tepat. Di Pacitan juga terdapat wisata monumen Jenderal Sudirman jika ingin wisata selain goa. Nah tetapkan tujuan liburan anda dan segera rencanakan tanggalnya dengan melihat kalender 2016 ataupun 2015. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi anda.