5 Titik Wisata Bromo Yang Memukau

Wisata gunung bromo adalah tempat  yang wajib dikunjungi oleh siapapun yang ingin melihat surga dunia. Gunung bromo  menjadi salah satu ikon wisata Jawa Timur yang sudah tersohor namanya ke seluruh penjuru dunia. Tempat yang memiliki keindahan sangat menawan ini terletak di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di antara perbatasan kabupaten Malang, Probolinggo, dan Lumajang. tak salah jika presiden SBY menyempatkan mengunjungi wisata bromo ini. Banyak paket wisata yang menawarkan wisata bromo yang berangkat dari berbagai kota salah satunya dari Yogyakarta. Untuk Anda yang ingin mengunjungi Bromo, berikut ini tempat ini yang harus Anda tahu:

Berikut Ini 5 Titik Tempat Wisata Bromo Dengan View Yang Memukau

1. Penanjakan

Tempat ini menjadi tempat wajib yang harus Anda kunjungi ketika berkunjung ke wisata gunung Bromo. Penanjakan adalah sebuah bukit dengan ketinggian 2770 mdpl yang terletak di samping gunung Bromo. Dari sini, Anda bisa menikmati matahari terbit yang tidak akan terlupakan dalam hidup Anda. Untuk bisa menikmatinya, Anda harus sudah berada di puncak bukit ini pada pukul 04.00 WIB. Meskipun Anda datang ke tempat ini pada tengah malam, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak warung yang buka 24 jam.

2. Lautan Pasir

Setelah Anda puas menikmati keindahan matahari terbit di bukit Penanjakan, Anda bisa menyusuri lautan  pasir seluas 5.250 hektar di ketinggian 2.392 mdpl. Untuk mengarungi lautan ini, Anda bisa menyewa jasa penyewaan kendaraan yang telah disediakan oleh pengelola Taman Nasional Bromo.

3. Puncak Bromo

Untuk mencapai puncak gunung Bromo yang berada di ketinggian 2.329 ada dua alternatif pilihan; Anda bisa berjalan kaki sampai mencapai puncak atau menyewa kuda yang ditawarkan oleh penduduk.

4. Lembah Jemplang

Lembah ini dikenal dengan nama bukit Teletubbies karena tempat ini mirip dengan bukit yang ada dalam sebuah film serial kartun. Tempat ini berada di sebelah selatan gunung Bromo. Lembah ini membentang luas penuh dengan tumbuhan hijau yang didominasi dengan tumbuhan jenis pakis, ilalang, lavender. Berada di tempat ini, serasa tidak ada bedanya berada di tengah bukit yang ada di New Zealand atau Skotlandia.

5. Event di gunung Bromo

Sebagai tambahan, pada waktu-waktu tertentu, Anda juga bisa menikmati wisata kebudayaan yang ada di Bromo yang disebut dengan upacara Kesodo. Upacara ini merupakan ritual yang dilakukan oleh penduduk asli gunung Bromo atau biasa dikenal dengan suku Tengger. Ritual Kesodo diadakan pada malam ke-14 bulan Kesodo, tepatnya antara bulan Februari-Maret. Selain wisata budaya, ada event Jazz Gunung yang pada tahun 2014 ini akan diadakan pada tanggal 20-21 Juni.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi wisata gunung Bromo, Anda harus memastikan bahwa kendaraan yang akan Anda gunakan untuk menuju tempat ini dalam keadaan fit mengingat jalan yang akan dilalui cukup ekstrim. Anda harus mempersiapkan pakaian tebal termasuk jaket, sarung tangan, kerpus, syal, kaos kaki, sepatu karena di tempat ini sangat dingin dengan suhu  3-20 celcius. Selain itu, Anda juga harus menyiapkan obat-obatan yang mungkin Anda butuhkan.

Setelah mengetahui mana tempat menarik yang harus dikunjungi di obyek wisata bromo, segera rencanakan liburan dengan melihat kalender 2015 dan pesan tiket jauh jauh hari agar dapat tiket murah. Selain Bromo kita juga bisa ke Malang, Surabaya, Solo, wisata Bali dan juga beberapa kota wisata yang menjadi tempat menarik untuk mengisi liburan anda.